Sekko Sebut Hasil Investigasi Belum Final

Rabu, 02 Maret 2016 17:07

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Beberapa waktu lalu, Pemko Pekanbaru membentuk tim investigasi terhadap mundurnya pejabat Pemko diantaranya adalah delapan kepala puskesmas, kepala Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) dan Kepala Dinas Kepala Dinas Cipta Karya.

Untuk tim investigasi tersebut diketuai oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru sedangkan anggota yang terlibat adalah Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Inspektorat dan Dinas Kesehatan (Diskes).

Lalu bagaimanakah hasil dari investigasi tersebut? Menurut keterangan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer, dirinya belum bisa mempublikasikan kepada khalayak terkait apa yang ditemukan oleh tim investigasi

“Sebenarnya belum maksimal hasilnya, dalam rangka antisipasi mundurnya pejabat pemko, maka dilakukanlah pelelangan jabatan tersebut. Bukan hanya delapan, tapi semua kepala Puskesmas,” kata M Noer, Rabu (2/3/2016).

Baca: Alamak, 10 Tahun PT SAR ‘Racuni’ Warga Singingi Hilir

Dengan adanya dilakukan lelang tersebut, dapat menumbuhkan semangat baru dan betul-betul sesuai dengan yang diharapkan. Untuk hasil sendiri kata M Noer masih belum final dan pelelangan tersebut merupakan salah satu dari rekomendasi yang disarankan.

“Untuk hasilnya sendiri akan disampaikan kepada pimpinan dan tidak dipublikasikan karena itu hak dari pimpinan.  Maka itu pembahasan ini masih belum final,” tutupnya.

Sebelumnya Ketua Komisi III Nofrizal mengatakan bahwa sebelum dilakukannya lelang jabatan untuk kepala puskesmas, Pemko seharunya menyampaikan kepada khalayak umum hasil investigasi yang mereka lakukan.

“Kemarin katanya mau dilakukan investigasi, hasilnya mana? Sebelum dilakukan lelang jabatan, sebaiknya dituntaskan dulu agar bisa menjadi pelajaran kedepan,” kata Nofrizal.

Politisi PAN tersebut menambahkan, lelang jabatan yang tengah dilakukan Pemko Pekanbaru, sebaiknya tidak hanya kepada kepala puskesmas, namun juga kepada seluruh struktur yang saat ini ada dilingkungan dinas kesehatan kota pekanbaru.

“Supaya permasalahan yang sudah-sudah tidak terulang. Bukan hanya itu, lelang jabatan ini juga harus tetap sesuai prosedur. Jabatan PNS merupakan jabatan karir yang diukur dari lamanya pengabdian,” katanya.

Selain itu, dirinya mengharapkan agar seleksi yang dilakukan tersebut dilakukan secara terbuka dan sesuai aturan. “Kita harapkan seperti itu, seleksi ini dilakukan sesuai dengan aturan,” harapnya.

Penulis: Iqbal