Cicipi Nikmatnya Makanan Khas Daerah di Kuliner Nusantara

Rabu, 02 Maret 2016 17:11

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Ingin menikmati dan mencicipi menu khas dari beberapa daerah yang ada di Indonesia, datang saja ke Kuliner Nusantara, yang baru saja hadir di Pekanbaru. Sudah berjalan lebih dan kurang satu minggu, tempat makan yang berada di jalan Letjen S.Parman / Beringin nomor 12E. Tepatnya di sebelah martabak San Fransisco, Gobah, memberikan konsep yang cosy, santai, islami. Dengan menyajikan menu makanan khas yang menggugah selera, seperti menu khas dari Tapanuli Selatan, yaitu kholat, ikan bakar disertakan dengan kuah yang lengkap disajikan dengan nasi beserta lalapannya.

Makanan ini termasuk menu andalan yang ada di kuliner nusantara ini. Namun, menu satu ini tidak disajikan setiap hari. Melainkan hanya disajikan hari Senin dan Rabu saja. Ikan yang disajikan hanya ikan emas dan ikan nila.

Kholat itu merupakan kayu atau kayu balakka dari Tapanuli, Sumatera Utara. Jadi kuah yang ada di ikan bakar ini memiliki rasa khas yang berasal dari kayu tersebut. Rasa yang cukup pedas namun nikmat, sangat dipercaya untuk menambah nafsu makan.

“Salah satu makanan khas daerahnya yaitu Kholat. Khas dari Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Ikan bakar memakai kuah yang berasal dari kayu balakka,” ungkap Jerry selaku owner Kuliner Nusantara kepada kru Bertuahpos.com, Rabu (2/3/2016).

Baca: Peterseli Kitchen: Ketika Barat dan Timur dalam Satu Wajan

Selain itu, terdapat menu khas dari Sumatera Barat, yaitu kawa daun. Yang mana kita bisa mendapatkannya hanya di daerah Payakumbuh, Sumatera Barat.

Tidak hanya, itu beberapa menu khas yang ada di daerah Kampar dan Bangkinang juga ada. Kelapa jelly, minuman berwadah kelapa ini langsung diproduksi dan didatangkan dari Bangkinang.

“Salah satu menu khas dari bangkinang, yang begitu segar dan lezat. Air yang ada di buah kelapa tersebut di fermantasikan menjadi jelly yang nikmat dan segar, tidak ada tambahan dari bahan lainnya,” tambahnya.

Ada juga Pelita Daun, merupakan menu cemilan atau makanan ringan khas dari Kampar, Riau.

Penasaran seperti apa menu khas yang disajikan oleh kuliner nusantara. Segera meluncur ke Kuliner Nusantara yang berada di jalan Letjen S.Parman / Beringin nomor 12E. Tepatnya di sebelah martabak San Fransisco, Gobah. Buka dari jam 9 pagi sampai 11 malam.

Penulis: Dilla