Sekali Lagi DPRD Kecewa Pada Pemko, Ini Penyebabnya

Rabu, 17 Februari 2016 16:53

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Kalangan DPRD Kota Pekanbaru menyayangkan sikap Pemerimtah Kota (Pemko) Pekanbaru, pasalnya hingga saat ini APBD Kota Pekanbaru belum bisa digunakan.

“Sejak APBD Pekanbaru 2016 disahkan Rp 3,1 triliun, pada November lalu. Dan kita sendiri juga sudah mewanti-wanti Pemko, agar pada bulan Januari bisa dibelanjakan. Jujur saja kita sangat kecewa. Kenapa kok bisa lambat,” kata Anggota DPRD Pekanbaru Herwan Nasri ST, Rabu (17/2/2016).

Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Pekanbaru  menambahkan, jika kondisi ini masih terus terjadi, maka dewan meminta agar hal tersebut segera dievaluasi. “Jika karena adanya defisit anggaran, harus diberitahu DPRD. Karena akan berdampak kepada pembangunan kota dan pergerakan ekonomi masyarakat,” sambung Herwan yang juga anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru tersebut.

Sementara itu, Anggota dewan lainnya Mulyadi juga mengatakan hal yang sama. Karena apa yang dilakukan saat ini oleh Pemko Pekanbaru prosesnya yang ada terlalu lama. Selain itu, dengan belum dicairkan APBD tersebut akan banyak hal yang tertunda dari program-program pemerintah.

Baca: Pembuatan Paspor di Pekanbaru Naik Signifikan

“Termasuk kewajiban pemko yang harus dikeluarkan, seperti membayar gaji tenaga harian lepas (THL), tunjangan dan segala macamnya. Masyarakat sudah bertanya-tanya apa yang terjadi di pemerintahan dan lami ingin pemko terbuka soal APBD ini,” kata Politisi PKS tersebut

Mulyadi yang juga anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru tersebut berharap agar pertemuan antara Badan Anggaran DPRD Kota Pekanbaru dengan Pihak Pemerintah Kota yang juga melibatkan Pimpinan Komisi, Fraksi untuk mendapatkan Solusi terbaik.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 Kota Pekanbaru sampai saat ini masih dalam proses Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Demikian yang dikatakan oleh Sekretaris Kota Pekanbaru Muhammad Noer.

“Kami juga sedang mengkaji secara teknis tentang pola atau prioritas pelaksanaan kegiatan dan menyangkut situasi nasional,” kata M Noer yang juga mantan Asisten I Sekko Pekanbaru baru-baru ini. Jadi, kata M Noer, ketika ditanya sejauh mana perkembangan APBD Kota Pekanbaru, untuk saat ini masih diproses DPA.

Penulis: Iqbal