Satu Harian Wako Berbaur Dengan Masyarakat Rumbai

Senin, 22 Februari 2016 13:41

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Wali Kota (Wako) Pekanbaru, DR Firdaus ST MT, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di kecamatan Rumbai di tiga lokasi yang berbeda. Selama di Rumbai, berbagai kegiatan Wako lakukan bersama masyarakat.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah menghadiri acara Fogging dan Gotong Royong Massal di RW 08 kelurahan Rumbai Bukit, mengikuti Gerak Jalan santai, Meresmikan Pasar Rakyat Tengku Kasim dan Meresmikan Mesjid Istiqomah menjadi Mesjid Paripurna tingkat kelurahan di kelurahan Rumbai Bukit kecamatan Rumbai.

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT Saat Melakukan Kunjungan ke Rumbai

Baca: Kamis Ini, Hotspot Terdeteksi di Empat Kabupaten Riau

Pada kunjungan pertamanya, Wako menghadiri Fogging dan gotong royong massal dalam rangka mengantisipasi dampak dari Demam Berdarah Dangue (DBD) yang akhir-akhir ini banyak menyerang warga Pekanbaru.

Warga RW 08 Kelurahan Rumbai Bukit menyambut dengan antusias kedatangan orang nomor satu Pekanbaru ini, Wako lantas mengintruksikan warga untuk menjaga kebersihan dan melakukan pola hidup sehat dilingkungan.

Selanjutnya, Wako menghadiri Gerak Jalan santai yang diikuti oleh ribuan warga yang terdiri dari berbagai kalangan seperti anggota DPRD, Camat Rumbai, Lurah sekecamtan Rumbai, Tokoh masyarakat, para pedagang, anak-anak SD, dan warga kecamatan Rumbai.

Gerak Jalan Santai ini dimulai dari kantor camat Rumbai sampai kelokasi pasar Tengku Kasim. Acara yang berjalan sangat meriah ini dimanfaatkan warga untuk berfoto bersama wako Pekanbaru.

Setelah sampai dilokasi pasar, Wako langsung meresmikan Pasar Tengku Kasim Rumbai. Dalam sambutannya wako pekanbaru, DR Firdaus ST MT mengatakan perencanaan pembangunan pasar secara keseluruhan telah selesai, sehingga ditahun 2017 pemerintah kota pekanbaru akan mulai membangun secara fisik Pasar Tengku Umar kecamatan Rumbai.

Pembangunan pasar Tengku Umar nantinya akan menggunakan dana dari Anggaran Pembelanjaan Negara (APBN) namun jika tidak dapat dari pusat, maka Pemko akan menggunakan APBD kota Pekanbaru sebagai sumber dana untuk membangun pasar Tengku Kasim ini.

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT saat Meresmikan Pasar Tengku Umar


“Perencanaan pembangunan pasar ini sudah selesai, insyaallah pembangunan secara fisik akan kita mulai ditahun 2017. sumber dana berasal dari APBN namun jika kita tidak dapat dana dari pusat kita siap menggunakan dana APBD kota Pekanbaru” ungkapnya.

Wako menambahkan, pasar Tengku Kasim yang berdiri di lahan seluas satu hektar akan diperluas kurang lebih menjadi 3 hektar hal ini dikarenakan keyakinan wako Pekanbaru untuk lima tahun mendatang, daerah ini akan memiliki potensi menjadi pusat perdagangan yang besar setelah selesainya jalan Lingkar Luar (Ringroad) yang hanya berjarak 3km dari pasar ini.

Meskipun hanya dengan sarana dan prasarana yang sederhana, para pedagang mulai hari ini akan pindah ketempat barunya tersebut. “Pemindahan mereka diawali dari kantor camat dan berjalan sekitar 500 meter menuju pasar tersebut,” sambung Firdaus.

Untuk jumlah pedagang yang direlokasi sebanyak 250 pedagang. Di tahun 2017 nantinya pemerintah kota Pekanbaru, kata Firdaus, pihaknya akan melakukan pembangunan fisik untuk pasar tersebut. “Saya harapkan ini dapat tumbuh berkembang,” tutupnya.

Kemudian, dari Pasar Tengku Kasim Wako berkunjung ke Mesjid Istiqomah di jalan Yossudarso km 14 untuk meresmikan mesjid paripurna kelurahan Rumbai Bukit.

Dalam Sambutannya Wako menyampaikan bahwa Masjid Paripurna tingkat kelurahan ini merupakan program Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam misi membangun masyarakat yang madani yaitu masyarakat islam Qurani.

“Saya berharap dengan adanya mesjid Istiqomah sebagai mesjid Paripurna tingkat kelurahan masyarakat mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam segi keagamaan” harapnya. (Adv)