RS Syafira, Sehari Layani 50 Pasien BPJS

Jumat, 13 Juni 2014 16:30

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU– Setiap hari Rumah Sakit Syafira, Pekanbaru bisa melayani 50 pasien dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Seperti yang dituturkan Humas RS Syafira, Yulmizen kepada bertuahpos.com, per 1 Mei 2014 RS Syafira sudah bekerja sama untuk melayani para pasien BPJS.


“Saat ini rata-rata RS Syafira melayani 40 hingga 50 pasien BPJS tiap harinya. Ada BPJS centernya di RS Syafira,sehingga semua dipermudah,” ujarnya Jumat (13/06/2014).


Ia menambahkan, untuk mengoptimalkan pelayanan, RS Syafira juga menyediakan tempat khusus untuk pasien BPJS. Sehingga pasien tidak perlu berlama-lama seperti pasien umum lainnya. Yulmizen juga menepis anggapan sebagian orang tentang pembedaan kualitas kesehatan dari rumah sakit terhadap pasien BPJS. “Secara internal, RS Syafira selalu melakukan pembenahan sistem. Kita tidak membeda-bedakan layanan kesehatan terhadap pasien BPJS. Tiap meeting selalu kita ingatkan pasien BPJS tidak boleh dianaktirikan,” sebutnya.


Sesuai motto RS Syafira, katanya, dalam melayani adalah senyum tulus, maka diharapkan juga petugas di Syafira hatinya juga tulus melayani pasien dan itu bisa menjadi modal kesembuhan bagi pasien.

Baca: Andi Roni: Kecewa Lihat Aksi Mahasiswa HMI Makassar


Sejauh ini pihaknya mengaku belum mendapat kendala yang berarti terkait pelayanan BPJS. “Kadang ada pasien yang datang tapi tidak bawa kartu, selain itu surat rujukan dari puskesmasnya juga tidak lengkap.


Sehingga pasien malah komplainnya ke rumah sakit,” sebutnya. Dirinya berharap agar kejadian tersebut tidak terulang, kepada klinik tingkat satu mesti matang dalam merujuk pasien BPJS ke Rumah Sakit.


“Dari pelaksana pelayanantingkat pertama (puskesmas) mesti matang dalam merujuk pasien BPJS. Jangan sampai pasien yang berdasarkan aturan BPJS seharusnya sudah selesai di puskesmas. Nanti kalau ditolak rumah sakit yang dikomplain pasien,” harapnya. (riki)