Ribuan Masyarakat Tionghoa Bengkalis Rayakan Chu Lak dengan Meriah

Sabtu, 13 Februari 2016 19:01

BERTUAHPOS(BPC), BENGKALIS– Perayaan Cue Lak atau disebut hari keenam hari keenam tahun baru imlek 2.567 berlangsung meriah, dan  di rayakan oleh ribuan masyarakat Tionghoa  diBengkalis , dengan  melakukan ritual pawai keliling kota Bengkalis, pawai  di gelar untuk memperingati hari ulang tahun dewa ching cui choo she.

Chu lak  atau hari keenam merupakan puncak perayaan imlek,  dan  berbagai macam ritual dilakukan pada acara ini, dan pawai arak-arakan keliling kota Beengkalis.

“Humas Yayasan Hok Ann Kiong, Herman Kasuma kepada bertuah pos  Sabtu (13/02/2016) mengatakan, sejak tahun 2015, rute arak-arakan keliling kota diperluas seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat dan juga petunjuk dari Budha.

“Rute tersebut adalah dimulai dari  Kelenteng Hokk Ann Kiong menuju Jalan Sudirman. Kemudian menuju jalan-jalan protokol lainnya seperti Jalan Ahmad Yani ujung, Jalan Antara, Jalan Tandun, belok ke jalan Hang Tuah menuju jalan Sutan Syarif Kasim, kembali ke Jalan Sudirman dan berakhir di Kelenteng Hok Ann Kiong.”ujarnya lagi.

Baca: UMKM di Riau Harus Keluarkan Produk Halal

“Arak-arakan keliling kota ini menurut pemilik nama Tionghoa, Tiam Kun ini, akan diselingi dengan acara penyemahan yang dilakukan oleh para dewa yang menjelma kedalam tubuh manusia atau Tangkie. Warga yang dirasuki oleh para dewa ini menurut Herman Kasuma tidak dipilih oleh panitia atau pihak yayasan, melainkan langsung dipilih oleh Budha

Sebelum acara arak-arakan, Herman Kasuma mengatakan, pada malam harinya warga dihibur dengan artis dari Malaysia dan juga Taiwan, yaitu malam Jumat dan malam Sabtu.  Khusus untuk malam Sabtu, kita adakan ritual membunyikan petasan untuk menyambut kelahiran Dewa Ching Cui Choo She,” jelas Hok Ann Kiong. Untuk tahun ini tahun baru imlek berlangsung dengan meriah.(sifa)