Riau Minta Pesawat ke Pemerintah Pusat

Rabu, 26 Februari 2014 13:57
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Setelah sehari sebelumnya menetapkan status tanggap darurat asap, Pemprov Riau melayangkan permintaan bantuan pesawat ke pemerintah pusat di Jakarta untuk membantu pemadaman api. Gubri Annas Maamun, Rabu (26/02/2014) mengungkapkan, tim yang membawa surat untuk pusat sudah berangkat ke Jakarta.
Â
“Tim sudah  berangkat ke Jakarta minta bantuan pesawat untuk menyiram api. Tim ini membawa surat tanggap darurat yang sudah ditandatangani Gubernur Riau. Dana Rp 10 M itu tidak cukup, harus menggunakan pesawat sebab kalau helikopter biasa, kita tidak akan mampu padamkan api,” ujarnya
Â

Selain minta bantuan dana dan pesawat ke pusat, Pemprov Riau juga telah menyiapkan dana Rp 10 miliyar dari APBD. Masih ada juga bantuan dari perusahaan yang beroperasi di Riau, sesuai instruksi Mendagri melalui telefon kepada Gubri.

Â
“Mau tidak mau, perusahaan wajib ikut mendukung dan membantu memadamkan api. Tim yang ada sudah kewalahan sekarang, saat ini sudah ada 6900 hektar dalam satu bulan terahir,” ungkapnya. (syawal)
Â

Â