Kaya Mendadak Setelah Temukan Koin Emas

Rabu, 26 Februari 2014 14:26
BERTUAHPOS.COM -  Pasangan di California, AS, yang sedang berjalan-jalan bersama anjing mereka mendadak menjadi kaya raya ketika menemukan sejumlah koin emas yang terkubur di tanah. Para ahli mengatakan, nilai koin itu mencapai lebih dari 10 juta dollar AS (atau setara Rp 116 miliar).


Temuan yang disebut Saddle Ridge itu diyakini merupakan harta karun paling berharga yang pernah ditemukan di Amerika Serikat (AS). 
Awalnya, pasangan yang hanya disebut sebagai John dan Mary, melihat bagian sebuah kaleng yang terkubur yang menyembul dari tanah. Mereka lalu menggali dan menemukan tujuh kaleng lain, yang belakangan diketahui berisi lebih dari 1.400 koin emas. Perusahaan Kagin’s Inc, yang mengkhususkan diri dalam koin emas kuno memperkirakan sebagian besar koin itu berasal dari akhir abad ke-19. 


Pasangan tersebut mengatakan, mereka hanya membawa anjing mereka untuk berjalan-jalan. “Saya melihat kaleng tua mencuat dari dalam tanah pada jalur yang kami telah lalui hampir setiap hari selama bertahun-tahun,” kata John. Ia lalu menggunakan tongkat untuk menggali kaleng tersebut. 

Mereka lalu membawanya ke rumah meskipun kaleng itu cukup berat. “Saya mengatakan kepada Mary, ‘Wow, kaleng ini berat. Pasti penuh dengan serpihan’. Saya tidak tahu apa yang membuatnya jadi seberat itu,” kata John.
Lalu saat tutupnya retak dan memperlihatkan punggung sebuah koin emas, keduanya sangat terkejut. Keduanya lalu melanjutkan penggalian menggunakan detektor logam dan menemukan tujuh kaleng yang lain. 
Setelah penemuannya, pasangan yang berusia sekitar 40-an tahun itu memutuskan untuk tidak dipublikasikan identitasnya.

“Seperti banyak orang akhir-akhir ini, kami juga punya beberapa masalah keuangan. Saya merasa sangat bersyukur bahwa kami akhirnya bisa menjaga properti tercinta kami,” kata John. (afp/kc)