Gubri Minta BPD Berpayung Hukum

Rabu, 26 Februari 2014 14:44
Gubri Minta BPD Berpayung Hukum
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) H Annas Maamun meminta kepada Mentri Dalam Negri segera membuatkan payung hukum Badan Perwakilan Desa (BPD) untuk menjadi relawan pemadam kebakaran yang ada di desa untuk membantu memadamkan api dalam rengka mengatasi kebakaran hutan dan lahan.
Â
Gubernur Riau H Annas Maamun kepada wartawan, Rabu (26/02/2014) mengatakan permintaannya itu disampakan tim bersama surat permintaan Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau yang meminta bantuan  pesawat guna memadamkan api.
Â
Pembentukan relawan ini dimaksudkan sebagai langkah preventif yang akan menjaga supaya tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan.  Pemprov berencana membentuk  relawan  pemadam kebakaran tingkat desa. Satu tim  ada lima orang dan setiap kecamatan ada tiga orang dimana semuanya akan diberi honor setiap bulannya. Â

“Riau memiliki desa dengan lurah sebanyak 1764. Jadi, kita akan bentuk badan perwakilan desa diberi honor 300.000 perbulan,” ungkapnya.
Untuk mendukung program ini, Gubri  minta ke mentri supaya dibuatkan payung hukum. Karena hal ini menyangkut masalah pendanaan. Selain honor 300 ribu perbulan, akan disiapkan juga pakaian dinas kebakaran dan mesin bantuan dari perusahaan akan diletakkan di masing-masing desa atau kantor camat.

“Tidak ada jalan lain lagi, kita harus mengantisipasi itu dengan cara ini dan saya yakin ini semuabisa diatasi,” pungkasnya. (syawal)