Sehari Bisa 10 Orang Tukar Ringgit ke Rupiah

Rabu, 26 Februari 2014 15:00
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Memasuki akhir Februari transaksi pembelian mata uang asing di Pekanbaru relatif sepi. Yang dominan tampak pada penukaran Ringgit ke Rupiah.
 
Hal itu diungkapkan Meli, Karyawan Amnah Awal Valasindo, kepada bertuahpos.com Rabu (26/02/2014). “Selama sepekan ini untuk pembelian mata uang asing masih sepi,” ujarnya.
 
Tidak seperti awal bulan lalu, mata uang Riyal sempat melejit permintaannya karena berdekatan dengan jadwal umrah. “Sekarang ini penjualan Ringgit ke Rupiah yang lebih banyak,” katanya. 
 
Tiap hari setidaknya tiga sampai sepuluh orang datang ke toko money changer yang berada di Jalan Juanda ini, untuk menukarkan mata uang Malaysia tersebut.
 
Meli tidak tahu pasti penyebab fenomena tersebut. Ia memperkirakan Ringgit tersebut merupakan uang yang tersisa saat berwisata. “Mungkin ada dana yang bersisa, makanya ditukarkan,” sebutnya.
 
Di gerai Amnah Awal Valasindo, penukaran mata uang asing ke Rupiah untuk Ringit Rp 3.550, USD Rp 1.1600, Dolar Singapura Rp 9.210, dan Riyal Rp 3.200. (riki)