Riau Masuk delapan Besar Sebagai Tata Kelola Pemerintahan Terbaik

Selasa, 10 September 2013 07:11
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Berdasarkan survey Indonesia Governance Index (IGI) 2012 Kementrian Dalam Negeri yang bekerjasama dengan Australian AID, dinyatakan Provinsi Riau masuk delapan besar sebagai tata kelola pemerintahan terbaik dari 33 provinsi di Indonesia. 
 
Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Riau, M Guntur mengatakan provinsi Riau termasuk daerah yang indeks tata kelola pemerintahannya cenderung menuju baik. “Karena itu IGI 2012 memasukan Riau ke delapan besar yang terbaik,” jelasnya.
 
Berdasarkan penilaian IGI 2012 tersebut, tata kelola pemerintah provinsi Riau cenderung baik dengan nilai rata-rata 6,18. Sedangkan DI Yogyakarta berada di posisi teratas sebagai tata kelola pemerintah terbaik dengan nilai 6,80.
 
Sedangkan provinsi lainnya yang berada di atas Riau adalah Provinsi Jawa Timur dengan nilai 6,43, DKI Jakarta 6,37, Provinsi Jambi 6,24, Provinsi Bali 6,23. Kemudian Provinsi Sumatera Selatan dengan nilai 6,19, dan Provinsi Kalimantan Selatan dengan nilai 6,19.
 
M Guntur mengatakan, secara keseluruhannya, tata kelola pemerintahan di Indonesia masih belum baik, dan masih kalah dengan negara tetangga Singapura dan malausia yang memiliki indeks tata kelola pamerintah sudah sangat baik.
 
 
(riau.go.id)