Riau Butuh 4 Helikopter Untuk Pengamanan Karhutla

Selasa, 27 Maret 2018 11:24

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Riau butuh 4 helikopter untuk pengamanan dan pencegahan Karhuta di Riau. Apalagi berdasarkan analisis BMKG Stasiun Pekanbaru, sekitar bulan Mei Riau kembali masuk musim kemarau

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, kepada bertuahpos.com, Selasa 27 Maret 2018.

“Yang sudah ada di kami dan sudah dioperasikan itu ada 2 helikopter. Satu helikopter bantuan dari BNPB dan satu lagi bantuan dari KLHK,” katanya.

Edwar menambahkan, saat ini ada 1 unit helikopter jenis Kamov, masih dalam proses perakitan dan diperkirakan dalan waktu dekat sudah bisa difungsikan.

Baca: Ini Tuntutan Riau Corruption Trail Sebelum Sidang Dakwaan 1 April PT JPP

Kedua helikopter itu masih dipakai untuk patroli udara. Namun dalam kondisi mendesak juga bisa difungsikan untuk water bombing.

“Saat ini kami masih menunggu satu helikopter lagi bantuan dari pusat, jenis S61. Jadi totalnya ada 4 helikopter yang kami pakai untuk penanganan Karhutla di Riau,” kata Edwar.

Dia menambahkan, keempat helikopter itu akan dipakai sesuai dengan fungsi masing-masing. Selain itu akan dibantu dengan beberapa helikopter bantuan dari perusahaan.

“Sejauh ini peralatan di lapangan untuk penanganan Karhutla cukup. Namun ini bisa dikondisikan sambil berjalan. Jika memang butuh peralatan lain maka akan kami ajukan,” sambungnya. (bpc3)