Produksi Ikan di Riau Masih Rendah

Senin, 24 Maret 2014 14:44
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Salah satu permasalahan yang dihadapi sektor perikanan di Riau adalah kemerosotan jumlah produksi ikan. Diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Irwan Efendi, Senin (24/03/2014), kemerosotan produksi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.
 
Diantaranya adanya pembuangan limbah di aliran sungai maupun laut. Selain itu juga perilaku nelayan yang masih menangkap secara tradisional. “Jadi kita butuh sinergi semua pihak, tidak hanya DKP saja untuk memajukan sektor perikanan di Riau,” paparnya di acara seminar perikanan dan kelautan di Aula Rektorat, Universitas Riau.

Selain Irwan Efendi, turut hadir sebagai pemateri, Staf Ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan Iin Siti Zubaidah MSc dan Akademisi Elviriadi.
 
Wakil HMJ SEP, Syarial Tambunan  selaku panitia mengatakan seminar ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosial Ekonomi Perikanan (SEP). Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sektor kelautan dan Perikanan di Riau.
 
“Kita tidak ingin cuma tahu yang bagus bagusnya saja. Di sinilah kita ingin dengar langsung apa masalah sebenarnya sektor perikanan di Riau,” ujarnya.
 
Selain itu kata Syarial Tambunan, diharapkan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Faperika) bisa termotivasi untuk memajukan sektor perikanan Riau. “Ya, kita berharap mahasiswa Faperika saat di lapangan maupun selesai kuliah nanti sudah tahu apa saja yang harus dibenahi untuk kemajuan dunia perikanan dan kelautan Riau,” harapnya.(riki)