Prakiraan Cuaca BMKG di Riau Hari Ini

Kamis, 11 Februari 2016 10:54

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Seperti yang ramai diberitakan, Kabupaten Kampar dan beberapa kabupaten lain di Riau alami musibah banjir. Diakibatkan curah hujan tinggi sejak akhir pekan lalu, sehingga membuat air sungai meluap.

Kamis (11/02/2016), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau telah mengeluarkan prakiraan cuaca. Disebutkan secara umum cuaca untuk wilayah Riau cerah hingga berawan.

Seperti yang diinformasikan Kepala BMKG Riau, Sugarin melalui Kasi Informasi, Slamet Riyadi kepada kru bertuahpos.com. “Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Riau bagian Barat, Tengah, dan Selatan pada siang atau sore dan malam hari,” katanya.

Untuk itu Slamet menghimbau bagi masyarakat yang lokasi tempat tinggal berada di sekitar daerah rawan banjir atau longsor agar tetap waspada. Dengan melihat tanda-tanda alam, agar bisa menyelamatkan diri atau keluarga jika banjir kembali datang.

Baca: Bali Diguncang Gempa 6,0 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Sedangkan angin secara umum dari arah Utara  hingga Tenggara dengan  kecepatan  05 – 15  knots (09 – 27 km/jam). Dengan temperatur Maksimal 31.0- 33.0 celcius, dan kelembaban Maksimal 95 – 98 persen.

Untuk titik api berdasarkan pantauan satelit, BMKG tidak mendapati ada hotspot. “Untuk titik api wilayah Sumatera dan khususnya Provinsi Riau jari ini nihil,” terangnya.

Lalu info visibility atau jarak pandang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dan sekitarnya masih 3 kilometer (Km). Dari catatan Papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) depan Kantor Walikota Pekanbaru menunjukkan kualitas udara baik. Sedangkan untuk jarak pandang di Rengat masih empat Km, Dumai Lima Km, dan Pelalawan satu Km.

Selain itu prakiraan tinggi gelombang laut untuk Rokan Hilir (Rohil) 0.25 – 0.75  meter, Dumai 0.25 – 0.75  meter, Bengkalis = 0.25 – 0.75 meter, Indragiri Hilir (Inhil) 0.25 – 0.75 meter, dan Kepulauan Meranti 0.25 – 0.75  meter.

Akibat banjir yang terjadi, ribuan masyarakat sudah di evakuasi dan Pemerintah Provinsi Riau juga sudah menyalurkan bantuan berupa beras dan bahan minuman. (Riki)