Populasi Sapi di Bukittinggi Tercatat 493 ekor

Jumat, 28 Juni 2013 15:12

BERTUAHPOS, SUMBAR – Untuk membantu kelompok petani khusus yang bergerak di bidang peternakan Sapi potong dan Sapi perah, Dinas Pertanian Kota Bukittinggi melalui Bidang Peternakan intensifkan pengawasan melalui peran petugas lapangan, mengadakan pelatihan dan workshop, termasuk memberikan bantuan pakan ternak, dengan target potensi sektor peternakan berjalan optimal.

Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Darat Dinas Pertanian Bukittinggi Edi Arman, mengatakan, populasi Sapi saat ini tercatat 493 ekor dengan sentra peternakan di Kelurahan Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, kawasan itu sangat cocok sebagai tempat perkembangbiakan ternak sapi, didukung luas lahan banyak yang kosong, kondisi geografis, serta intensifnya perawatan yang dilakukan para petani peternak sapi.

“Para peternak sapi itu juga dibantu Dinas Pertanian melalui program penyelamatan betina produktif, bantuan ternak langsung, hingga fasilitas pendukung lainnya, yang dananya diupayakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), APBD Provinsi, dan APBD Kota Bukittinggi, “jelasnya.

Menurut Edi Arman, perkembangan usaha peternakan Sapi yang digalakkan petani itu juga akan dipantau oleh 17 orang petugas penyuluh pertanian sesuai jadwal yang ditentukan. Sementara untuk training di balai penyuluh pertanian dilaksanakan satu kali dua minggu dengan narasumber kepala bidang maupun kepala seksi di dinas pertanian, dan dalam hal ini materinya telah dipersiapkan sesuai bidang usaha ternak yang mereka jalankan.

Baca: BKD Rohil Kirimkan Formasi CPNS 2014

“Peternak sapi perah lebih membutuhkan pengarahan dari peternak Sapi potong, mengingat perawatan Sapi perah lebih sulit dan perlu intensif untuk menjaga produksi susu segar yang dihasilkan, sehingga peternak sapi perah kadang kewalahan, untuk itu Dinas Pertanian Bukittinggi akan terus memaksimalkan perannya menjalankan program bantuan bagi para petani  peternak Sapi. “ulasnya agar peternak sapi terbantu untuk mengembang biayakan Sapi. (KATIK)