Kabut Asap Hilang Pasca Hujan Lebat

Jumat, 28 Juni 2013 15:16
Kabut Asap Hilang Pasca Hujan Lebat

BERTUAHPOS.COM, SUMBAR -Â Pasca hujan deras melanda Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, kabut asap yang sempat menutup gunung Merapi dan Singgalang pada Rabu (26/6) dua hari lalu, Jumat (28/6) pagi kondisi cuaca kembali normal. Memang diperkirakan, jika musim kemarau dengan kondisi cuaca panas kabut asap bisa terjadi kembali.

Salah seorang masyarakat Bukittinggi, Jofrilismoni, menyebutkan bahwa kabut asap setelah hujan hilang. “Selesai hujan dua hari ini asap yang terlihat pada Rabu kemarin tidak ada lagi, semoga saja tidak datang lagi dan udara menjadi bersih, sejuk dan nikmat. Kalau ada sap baunya kayak sekam terbakar, pengab, hidung jadi sakit, napas bisa sesak,” ucapnya.

Advertisement

Begitu juga disampaikan Pen, menurutnya akibat kabut asap bisa menimbulkan berbagai penyakit pernapasan dan pencemaran udara. “Disamping jarak pandang terganggu juga menimbulkan penyakit pernapasan atau ISPA. Syukur dua hari ini hujan turun dengan intensitas sedang, dan kabut asap yang nampak itu hilang, mudah-mudahan tidak datang lagi,” begitu ia berhara. (KATIK)

Baca: Presma BEM Unri Diduga Dipukuli Oknum di Pemprov