PNS Berkurang Setiap Tahunnya, Beban Kerja Justru Meningkat

Selasa, 15 Maret 2016 09:02

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Masalah akan diberlakukannya rasionalisasi atau pengurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tamatan SMA, masih menjadi polemik hingga saat ini.

Untuk Kota Pekanbaru sendiri, PNS atau yang sekarang disebut sebagai Aparatur Sipil Negera (ASN), hal tersebut akan menambah beban kinerja Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Terlebih lagi saat ini Pemko Pekanbaru masih kekurangan formasi PNS dan diperparah dengan adanya setiap tahunnya ada PNS yang pensiun.

“Seperti yang disampaikan oleh BKD, setiap tahunnya kita itu akan PNS yang pensiun dan tentunya kebutuhan PNS kita berkurang. Dan ini tentunya akan mengganggu kinerja kita,” kata Sekretaris Kota Pekanbaru (Sekdako) Muhammad Noer kepada bertuahpos.com, Selasa (15/3/2016)

Meskipun sumber daya manusia (SDM) yang ada dilingkungan Pemko Pekanbaru yang terus berkurang setiap tahunnya, namun untuk pekerjaan sendiri semakin hari semakin bertambah banyak.

Baca: KPU Riau Sebut Agustus Bakal Calon Sudah Bisa Daftar

“Otomatis kita membutuhkan PNS, tapi kita terus mencari inofasi, salah satunya adalah meningkatkan pengetahuan tentang ilmu dan teknologi. Sehingga beban kerja juga bisa berkurang,” jelasnya.

Untuk menutupi kekurangan PNS yang ada saat ini, Pemko sendiri terus mengupayakan penambahan formasi PNS kepada pusat. Jika nantinya pemerintah pusat mengizinkan untuk melakukan pembukaan CPNS, pihaknya tentu segera melakukan hal tersebut.

Namun, disinggung mengenai berapa dana yang dikeluarkan oleh Pemko untuk gaji Pegawai, M Noer sendiri tidak bisa memastikan hal tersebut. “Pemko terus mengajukannya ke pusat, kalau nasional memberikan kuota, tentu kita akan buka. Tapi kalau untuk gaji sendiri saya tak hapal berapa biayanya, nantilah dicek ya,” tutup M Noer.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sendiri saat ini masih kekurang formasi PNS sesuai dengan kebutuhan. Demikian yang dikatakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru Azharisman Rozie.

“Sebetulnya, Pekanbaru ini untuk jumlah ideal Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan analisa beban kerja atau ABK itu butuh pegawai sekitar 11.000 orang PNS,” katanya kepada bertuahpos.com, Senin kemarin.

Berdasarkan keterangan Rozie, untuk saat ini, jumlah PNS dilingkungan Pemko Pekanbaru ada kurang lebih 9000 orang. Jadi, sambung, Pemko Pekanbaru masih kekurangan 2000 formasi PNS. “Memang saat ini kita masih kekurangan PNS,” sambungnya.

Penulis: Iqbal