Pesan SBY ke Pengganti SDA: Prioritaskan Penanganan Haji

Senin, 09 Juni 2014 12:03

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki pesan khusus buat Lukman Hakim Saifudin yang baru dilantik menjadi Menteri Agama (Menag), di Istana Negara, Senin (9/6/2014).

Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi mengungkapkan pesan SBY kepada Wakil Ketua MPR RI Periode 2009–2014 yang kini menggantikan posisi Suryadharma Ali (SDA).

“Yang utama adalah prioritas bagaimana menangani masalah haji. Apalagi musim haji sudah dekat sekali waktunya,” ungkap Sudi di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (9/6/2014).

Karena itu, imbuh dia, Presiden berharap dengan sisa waktu yang sangat singkat ini, Lukman bisa mempersiapkan semuanya terkait pelayanan haji tahun ini dengan optimal. Meskipun, hal itu sempat tersendat karena ditetapkannya SDA sebagai tersangka.

Baca: Mendagri Ingatkan Pengisian Posisi Wakil Bupati di Riau Ikut Prosedur Saja

“Dengan sistem yang harus terus berjalan, diminta Pak Lukman Hakim segera dapat meneruskan untuk melaksanakan persiapan-persiapan dalam rangka haji tahun ini,” ucapnya.

Sudi menegaskan pula, pengangkatan Lukman sebagai Menag bukan ujug-ujug, tanpa ada fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan).

Dijelaskannya, di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (9/6/2014), Lukman sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan saat dipanggil menghadap Presiden SBY ke Nongsa Point Marina and Resort, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (5/6/2014) lalu.

“Saat fit and proper test, disitu ada bapak Presiden, semua Menteri Kordinator (Menko), saya dan Seskab (Dipo Alam),” jelas Sudi.

Setelah menjalani fit and proper test, kata Sudi, hari ini, Senin (9/6/2014), Lukman akan dilantik Presiden SBY sebagai pengganti Suryadharma Ali (SDA).

Kursi Menag kosong sepeninggal Suryadharma Ali (SDA) yang telah mengundurkan diri beberap waktu lalu. Sedangkan Lukman selama ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI).

Sebelumnya diberitakan, Lukman dipanggil menghadap Presiden SBY ke Nongsa Point Marina and Resort, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (5/6/2014).

Seusai bertemu SBY, Putra mantan Menteri Agama KH. Saifudin Zuhri itu pun mengaku mendapatkan amanah untuk menjadi Menteri Agama menggantikan SDA. “Insya Allah dilantik Senin (9/6) depan,” ucapnya.

Dia pun menilai, kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh Presiden SBY kepadanya sebagai suatu kehormatan. “Ini sebuah kepercayaan yang luar biasa berat, karena beban dan tanggung jawab yang ada dan waktu yang tersedia tidak panjang. Hanya empat bulan,” ujar Politisi PPP ini.

Akan tetapi menurut Lukman, posisi barunya ini sebagai ladang ibadah. Dia pun berjanji akan membawa Kementerian Agama (Kemenag) khususnya, dan kehidupan beragama umumnya menjadi makin baik.

Lebih lanjut dia sampaikan bahwa Presiden mengingatkan dirinya bahwa jabatan Menteri Agama tidak mudah. Terutama terkait dengan terjadinya sejumlah kasus akhir-akhir ini, yang secara langsung atau tidak langsung menyebabkan demoralisasi di sebagian pegawai Kementrian Agama.

Sebagaimana diketahui, SDA mundur dari Menteri Agama setelah menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Presiden SBY langsung menunjuk Menteri kordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menjabat Menteri Agama Ad Interim.(Trbunnews)