Perusahaan Perkebunan Harus Aktif Bina MPA

Kamis, 22 Januari 2015 09:48
Perusahaan Perkebunan Harus Aktif Bina MPA
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Dalam mengantisipasi kebakaran lahan di musim kemarau tahun ini, perusahaan perkebunan diharapkan berkoordinasi secara intensif dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada di sekitar area konsesinya masing-masing. Sehingga pencegahan kebakaran dapat dilakukan secara bersama-sama.
 
Disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs H Zulher MS, di ruang kantornya, Rabu (21/1/2015) kemarin, kebakaran selama ini terjadi karena kurangnya koordinasi antara perusahaan, masyarakat hingga MPA. Sehingga ketika kebakaran terjadi, tidak ada tindakan tanggap bencana yang terjadi.
 
“Perusahaan agar terus menjaga komunikasi dengan MPA. Jika kebakaran terjadi di interland perusahaan, maka MPA dan perusahaan dapat melakukan pemadaman secepat mungkin,” ujar Zulher.
 
Koordinasi bukan hanya pencegahan, namun juga bantuan pengadaan sarana prasarana maupun kebutuhan lainnya dari anggota MPA. Hal itu mengingat MPA yang sekarang ini terbentuk belum mendapat pos anggaran. Bantuan yang diberikan oleh perusahaan bisa dimasukkan ke dalam pos anggaran CSR perusahaan.
 
“MPA itu terbentuk karena sukarela masyarakat yang ingin menjaga wilayahnya. Untuk itu selayaknya perusahaan juga memperhatikan segala kebutuhan MPA. Jika MPA telah siap, maka wilayah konsesi perusahaan yang tidak ditanam akan terjaga juga,” ujar Zulher lagi.
 
Zulher menambahkan, musim kemarau tahun ini diperkirakan akan terjadi sepanjang bulan Februari hingga Juni. (rls/syawal)
 

Berita Terkini

Kamis, 21 Januari 2021 17:32

2 UU yang Paling Banyak Digugat ke MK

#uu #UUCiptaker #UUCorona #MK

Kamis, 21 Januari 2021 16:30

Fahri Hamzah Sebut 400 Ribu Warga AS Korban Covid-19 Dampak Terbelahnya Sosial dan Politik

#FahriHamzah #joebiden #corona

Kamis, 21 Januari 2021 15:32

Covid-19 Buat Negara Rugi Hingga Rp1.000 Triliun 

#covid-19 #pandemi #nasional #finance

Kamis, 21 Januari 2021 14:31

Jokowi Beri Sinyal Vaksin Mandiri Masyarakat

#kesehatan #VaksinMandiri #Jokowi

Kamis, 21 Januari 2021 12:30

Biden Ogah Ikut Campur Soal Pemakzulan Trump

#JoeBiden #DonaldTrump #pemakzulan