Pengembangan Kelapa Sawit Butuh Prinsip Kemitraan

Kamis, 27 Februari 2014 13:29
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Wakil Mentri(Wamen) Pertanian Rusman Heriawan menyambut baik atas penyelenggaraan seminar ASPEKPIR, dengan pilihan tema “Membangun Kemitraan yang Harmonis dan Berkelanjutan” pada seminar Nasional kelapa sawit rakyat di hotel Pangeran, Kamis (27/02/2014).

Wamen memandang pilihan tema ini cukup tepat,karena merupakan sikap sadar terhadap prinsip kemitraan yang saling membutuhkan dan saling menguntungkan.

 
Ditegaskannya,  bahwa pengembangan kemitraan itu bukan sebatas pilihan. Melainkan menjadi tekad bagi semua yang terkait dengan perkebunan kelapa sawit.
 
Sehingga bisa saling bersinergi untuk membangun perkebunan kelapa sawit dan menjadikan Indonesia sebagai produsen kelapa sawit terbesar di dunia sejak tahun 2006. 
 
Ia juga mengingatkan sejarah perkebunan sawit di Indonesia yang dimulai dari Perusahaan Inti Rakyat.
 
“Saya memandang ada baiknya kita ingat kembali catatan lintasan proses kelahiran pengembangan perkebunan rakyat kelapa sawit melalui pola Perusahaan Inti Rakyat (PIR),” ungkap Wamen dalam sambutannya. 

Dipaparkannya, pembangunan perkebunan sebagai bagian integral dari pembangunan nasional, sebagai penjabaran amanat UUD 1945 pasal 33, dan GBHN yang mengamanatkan Trilogi Pembangunan.(syawal) 

Baca: Kawal Pemilihan Rektor, BEM UR Datangi Gedung Rektorat Universitas Riau