Sriwijaya Resmi Tutup Rute Pekanbaru

Kamis, 27 Februari 2014 13:56
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Akhirnya maskapai penerbangan Sriwijaya Air sungguh-sungguh menutup sementara rute penerbangan Pekanbaru-Jakarta pulang pergi terhitung 5 Maret 2014. Kebijakan ini diambil pihak manajemen seiring nilai Rupiah yang melemah.

Saat dihubungi bertuahpos.com, Kamis (27/02/2014), District Manager Sriwijaya Air Pekanbaru, Yulisa Marga Adjie membenarkan hal itu. 

 
“Lebih tepatnya pengalihan rute. Sementara ini untuk Pekanbaru-Jakarta akan di not operate. Saat ini kita tengah membuka rute yang lebih menjanjikan secara bisnis, seperti ke Denpasar dan NTT,” ujarnya.

Yulisa mengatakan pihak managemen mengambil kebijakan itu untuk menekan biaya operasional yang tidak sebanding dengan margin keuntungan yang didapat.

Sriwijaya Air melayani rute Pekanbaru-Jakarta menggunakan armada pesawat SJ040 berkapasitas 130 tempat duduk yang all ekonomi. “Selama ini secara bisnis penerbangan di Pekanbaru bagus. Namun untuk saat ini secara velue masih kurang,” ujarnya.

Baca: Genjot Produktivitas, Petani Butuh Mekanisasi Mesin

Saat ditanya apakah penutupan rute tersebut berkenaan persaingan bisnis dengan maskapai lain yang melayani rute yang sama yang begitu ketat, Yulisa tidak mempersoalkan. “Saya rasa semua maskapai merasakan hal serupa. Kebijakan ini kita ambil berdasarkan pertimbangan bisnis,” katanya.

Namun ia menjelaskan penutupan rute itu sifatnya sementara. “Kini kami sedang mencoba mundur selangkah untuk maju tiga langkah. Jika kondisi sudah membaik, Sriwijaya Air pasti akan kembali melayani rute Pekanbaru-Jakarta,” tutupnya. (riki)