Pengadaan 13 Komputer Pustaka Terkendala APBD

Rabu, 05 Februari 2014 18:04
BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru – Pengadaan komputer di Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru masih buram. Pasalnya, pengadaan 13 unit komputer pustaka digital tersebut masih menunggu pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2014.
Demikian dikatakan Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip, Yusuf kepada wartawan, Rabu (5/2/2014).  Saat ini pihaknya tinggal menunggu pengesahan APBD 2014 saja, setelah disahkan maka pengadaan komputer bisa dilaksanakan.
“Kita sudah siapkan maubeler dan sarana lainnya, termasuk jaringan komputer itu sendiri. Yusuf menambahkan, hal ini juga sebagai pendukung terciptanya Perpustakaan elektronik Pekanbaru, termasuk menunjang kelengkapan sarana dan prasarana.
“Ini tujuannya memberikan pelayanan dan membuat pengunjung lebih nyaman di perpustakaan. Karena sudah menjadi tugas pokok petugas  perpustakaan,” sebutnya.
Yusuf juga mengatakan, tanpa itu para pengunjung akan sedikit mengalami kesulitan selama melakukan pengaksesan pustaka digital. Selain itu, katanya penambahan unit komputer juga untuk meningkatkan pengunjung perpustakaan.
“Sosialisasi terus dilakukan. Bukan hanya kepada masyarakat dan lingkungan biasa, tetapi sosialisasi juga dilakukan  disekolah. Terlebih lagi saat ini perpustakaan juga memiliki ruang digitalisasi,” jelasnya.
Â
Yusuf juga menyebutkan, pelatihan juga merupakan bagian terpenting yang dilakukan oleh petugas perpustakaan, guna memberikan pemahaman kepada siswa disekolah terkait keberadaan pustaka dan arsip.Â
Â
“Jika pengadaan unit komputer ini segera dilakukan, ini tentu akan memberikan hal positif bagi masyarakat Kota Pekanbaru nantinya,” tandasnya.(Syawal)