Pemrov Riau Berharap Penerimaan CPNS Diatur Daerah

Kamis, 23 Januari 2014 20:10

Bertuahpos.com, Pekanbaru – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berharap agar kewenangan untuk penerimaan CPNS 2014 diatur oleh masing  daerah sesuai otonomi daerah. Pemprov Riau menginginkan agar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan kewenangan penerimaan CPNS kembali daerah.

Demikaian hal itu dikatakan Seketaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Zaini Ismail kepada wartawan, Kamis (23/1/14). Menurutnya, Susuai dengan peraturan undang-undang otonomi daerah, kewenangan pengangkatan, pemberhentian dan pemindahan pegawai merupakan kewenangan daerah.

“Saat ini dengan kewenangan kemenpan peraturan tersebut di tarik. Itu yang kita sesalkan. Dulu ada kewenangan daerah untuk menetapkan penerimaan pegawai, saya rasa tidak perlu kewenangan itu di tarik kepusat,” ujarnya.

Masih katanya, dengan adanya porsi tersebut, Pemprov Riau bisa menampung CPNS yang ada di daerah sendiri terlepas berasal dari suku mana dan pemerintah setempat bisa menampung aspirasi bagi SKPD yang membutuhkan, terutama untuk penerimaan SMA sederajat yang selama ini belum dirasakan.

Baca: Semangka Laris Manis di Bulan Puasa

“Kalau pemerintah tidak berikan kesempatan kepada mereka untuk mendaftar CPNS bagai mana jadinya kehidupan keluarga mereka. Bagai mana dengan orang tuanya yang nelayan dan petani, mana mungkin mereka sanggup mengkuliahkan anaknya,” terangnya.(Syawal)