Kemenkop Minta Dinas Koperasi Riau Perhatikan UMKM dan KUR

Kamis, 23 Januari 2014 20:14

Bertuahpos.com, Pekanbaru – Kementerian Koperasi dan UMKM (Kemenkop/UMKM) meminta agar Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Riau terus melekukan pemberdayaan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan melakukan sosialisi terhadap Kredit Usaha Rakyat (KUR)yang ada di Riau.

Hal itu dikatakan Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kemenkop-umkm, Chairul Djamhari, di Pekanbaru, Kamis (23/1/14). Dia mengatakan, provinsi Riau sebagai potensi kekayaan yang luar biasa, untuk itu dinas koperasi dan umkm provinsi Riau agar mengembangkan dan mengintensifkan kembali UMKM dalam rangka memberdayakan UMKM.

Dikatakannya, Pemberdayaan UMKM bukan hanya domaindinas UMKM. Tapi ada 17 instansi ditingkat daerah, untuk itu dinas kopetasi perlu melakukan sinergi. “Kalau hanya dilakukan dinas koperasi, ukmm akan menyisahkan agenda yang terlalu banyak untuk ditangani, jadi kerja sama antar skpd itu sangat penting,” ujarnya.

Sementara itu, untuk Kerdit Usaha Rakyat (KUR),  masih banyak sekali potensi Riau yang belum memiliki debitur. Untuk itu agar banyak debitur-debitur yang banyak mengakses KUR, dinas koperasi harus gencar melakukan sosialisasi tentang adanya KUR. “Dinas koperasi harus melakukan sosialisasi agar makin banyak umkm yang memahami tentang kur agar masyarakat bisa  menyiapkan persyaratan untuk ikut mengambilkan bagian di kur, pintanya.(Syawal)

Baca: Tanam Padi dan Jagung di Siak Segera Dilakukan