Pemko Tarik Retribusi Dari Pedagang Pasar Induk

Minggu, 28 Mei 2017 15:01

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana memungut retribusi di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). Terminal BRPS sejak beberapa waktu lalu dijadikan area bongkar muat sembako khususnya sayur mayur.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Disperindag Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut akhir pekan lalu. “Nanti hal tersebut akan dibuat. Pedagang juga akan ditata soal penempatan. Kedepan akan kita pungut retribusinya,” katanya.

Hanya saja Ingot belum bisa menaksir berapa Pandapatan Asli Daerah (PAD) yang bisa diperoleh seperti dari potensi parkir. “Retribusi belum bisa diperkirakan tetapi signifikan lah,” katanya.

Ingot sampaikan sejauh ini keberadaan bongkar muat belum menganggu aktivitas Terminal BRPS. “Memang ada kawasan yang belum dioptimalkan.  Tetapi bongkar muat tidak menganggu hilir mudik kendaraan,” katanya.

Baca: 2 SMK Negeri Pekanbaru Dapat Pelatihan IBM

Sementara ini pihaknya masih memfokuskan pada penanganan pemberantasan aksi premanisme. Sebab pedagang mengeluhkan adanya pemaksaan pemberian sejumlah uang.

“Pedagang mengeluh ada premanisme dan pemaksaan dengan meminta sejumlah uang di terminal yang kita jadikan lokasi bongkar muat,” kata Ingot.

Diaperindag Pekanbaru sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan pihak terminal BRPS. “Kita ambil langkah dengan koordinasi penegak hukum supaya lakukan pengamanan,” ujar Ingot. (bpc2)