Pemko Pekanbaru Sudah Salurkan 500 Rumah Layak Huni

Rabu, 29 Januari 2014 17:32

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menjalankan program pengadaan rumah layak huni bagi warga pekanbaru yang tidak mampu sejak tahun 2012 lalu. Sejauh ini sampai tahun 2013 Pemko Pekanbaru telah mebagikan sebanyak 500 unit lebih.

“Selama 2012-2013 sudah mencapai 500 unit lebih yang telah di bangun dan telah di berikan kepada masyarakat di seluruh kecamatan yang dibagikan secara proporsional sesuai dengan data kemiskinan yang ada di kecamatan,” ungkap walikota Pekanbaru Firdaus ST MT kepada wartawan, Rabu (29/01/14).

Dikatakannya, prosesnya penyaluran rumah layak huni tersebut memang betul-betul diberikan untuk pemberdayaan masyarakat yang di laksanakan oleh organisasi masyarakat setempat (OMS). OMS itu sendiri di bentuk berdasarkan musyawarah dan mufakat yang di usulkan oleh tokoh masyarakat yang di fasilitasi RT/RW, Lurah, dan Camat. Kemudian tambah Firdaus, instansi teknisnya di lakukan oleh dinas PU Pekanbaru. Dana di programkan oleh PU kemudian PU langsung yang mentranfer dana tersebut ke rekening OMS.

“Saat ini, programnya baru ada dua, yakni rumah layak huni, dan jalan semenisasi di kelurahan-kelurahan,” ungkap Firdaus. Masih kata Firdaus, warga yang mendapatkan rumah juga diseleksi oleh warga sendiri berdasarkan musyawarah dan mufakat dari data kemiskinan. Sementara untuk  jalan semenisasi juga  di pilih oleh warga dan dikerjakan secara gotong royong oleh warga sendiri. “Setiap warga yang mendapatkan rumah bantuan harus memiliki rasa memiliki terhadap apa yang mereka dapatkan. Tidak hanya sekedar dapat rumah dan jalan semen, tapi bagai bagaimana caranya mengajak dan memberdayakannya, tutupnya”. (Syawal)

Baca: Potensi Ikan di Riau Belum Berhasil Kuasai Pasar Regional