Pemko Pekanbaru Jamin Tidak Ada Anak Putus Sekolah

Senin, 03 Februari 2014 11:13

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah kota Pekanbaru telah mengalokasikan anggaran 38 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru untuk pendidikan. Hal itu di lakukan untuk menjamin kedepan tidak ada anak-anak Pekanbaru yang putus sekolah lagi.

“Anggaran pendidikan tidak hanya ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pendidikan saja, tetapi ada juga di Bagian Kesejateraan Masyarakat (Kesra). Misalkan tahun lalu kita belum alokasikan beasiswa untuk siswa SD, tahun ini kita akan bantu kelengkapan sekolah bagi siswa pertama, kalau diuangkan setara dengan Rp13 miliar,” kata Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT, Senin (03/02/14).

Selain itu, disampaikan Wako tahun 2014 Pemko juga anggarkan beasiswa kepada siswa miskin yang berprestasi, dan tahun sebelumnya anggaran ini belum ada. Jika dirincikan, tahun pertama Pemko bantu peralatan sekolah, sedangkan untuk tahun  kedua dan ketiga Pemko akan bantu bagi siswa yang berprestasi, dengan jumlah siswa lebih dari 20 ribu.

Ditambahkan Firdaus, tahun 2014 Pemko Pekanbaru berwacana akan beri bantuan alat sekolah kepada 20 ribu siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Namun ditegaskan Wako, jika ada anak putus sekolah itu kesadaran orang tua yang kurang peduli kepada pendidikan anaknya.

Baca: BPT-PM Pekanbaru Gesa Sistem Izin Online

“Kemudian ada juga bantuan beasiswa untuk mahasiswa S1 dan S2, yang berada di Kesra. Dan ada juga bantuan-bantuan lain berada di SKPD yang menunjang pendidikan, seperti di Balai Diklat. Bentuk kegiatannya paling banyak untuk  menunjangan peningkatan kompetensi bagi guru-guru,” ujarnya.(Syawal)