Pemko Pekanbaru Beri Sinyal Tambah Investasi ke BUMD

Kamis, 04 Juni 2015 16:36

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana menambah penyertaan modal ke BUMD. Terutama perusahaan yang memberikan keuntungan untuk pendapatan asli daerah (PAD).

Seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Syukri Harto kepada bertuahpos.com. Penyertaan modal telah selesai dibahas ditingkat Pemko, akan diusulkan pada sidang paripurna dengan DPRD. “Tinggal persetujuan lagi. Itu sudah clear semua, sudah selesai dibahas,” katanya.

Beberapa BUMD yang berkemungkinan disertakan modal seperti PD Pembangunan, PT Bumi Siak Pusako, Bank Riau Kepri, PDAM Tirta Siak, dan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Pekanbaru.

Mengenai besaran modal yang bakal diberikan, Syukri belum bisa menjabarkannya. “Tergantung ada yang ditambah seingat saya tidak besar, seperti BPR tambah Rp 200 juta. Kita lihat yang disetujui yang mana,” tutupnya, Kamis (04/06/2015).

Baca: Bulan Puasa Tetap Jual Makanan, PKL: Belum Ada Larangan

Seperti yang diketahui Pemko Pekanbaru menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk penyertaan modal di beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dari seluruh BUMD yang ditanamkan investasi berupa modal, hanya investasi di Bank Riau Kepri saja yang jelas memberikan keuntungan setiap tahunnya.

Seperti yang pernah diungkapkan Ketua Pansus penyertaan modal DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel beberapa waktu lalu. “Ya, kita sudah melakukan rapat dengan Bank Riau Kepri cabang Pekanbaru Pasar pusat, direktur PDAM, Bank Perkreditan Pekanbaru, PT Sarana Pembangunan Pekanbaru dan yang lainnya. Dari hasil evaluasi kami, baru Bank Riau Kepri yang memberi kontribusi pasti setiap tahunnya bagi PAD Pekanbaru,” katanya. (riki)