Pemkab Rokan Hilir Akan Beli Rumah Kapitan

Rabu, 14 Juni 2017 11:47

BERTUAHPOS.COM (BPC), BAGANSIAPIAPI – Terkait dengan pengembangan objek wisata Rumah Kapitan yang hingga saat ini masih dimiliki oleh perorangan, maka Pemkab Rokan Hilir (Rohil) berencana melakukan pembelian terhadap Rumah Kapitan tersebut.

“Kita akan belilah nantinya. Cuma saat ini harganya terlalu tinggi, sementara keuangan kita seperti sekarang ini,” ujar Bupati Suyatno, Rabu (14/6/17).

Lebih lanjut menurut Bupati Suyatno, pihaknya juga memiliki opsi untuk menggandeng pihak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), apabila nantinya belum mencapai kesepakatan mengenai harga jual rumah tersebut. 

Sementara itu untuk melibatkan pihak swasta dalam pengelolaan Rumah Kapitan, pihaknya mengaku belum memikirkan hingga sampai ke tahapan tersebut. 

Baca: Wow, Ada Promo Potongan Harga di Flies Ska

“Kalau itu nanti kita lihatlah ya kalau memang ada yang berminat,” tambahnya.

Baca: Pemkab Rohil Gandeng Pemilik Rumah Kapitan Dalam Pengelolaan Aset Sejarah

Rumah Kapitan merupakan bangunan dengan arsitektur perpaduan gaya tradisional Tionghoa dan Melayu. Jaraknya terletak sekitar 25 meter dari belakang kelenteng Ing Hok Kiong, pusat Kota Bagansiapiapi. 

Bangunan Rumah Kapitan berusia hampir seabad ini memiliki sejarah penting, khususnya menyangkut sistem kekuasaan Opsir (Kapitan) Tionghoa semasa berkuasa di Bagansiapiapi beberapa waktu silam. (bpc12)