Krisis Qatar, Menlu Qatar: Kami Tidak Menyerah!

Rabu, 14 Juni 2017 12:10

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Krisis Qatar masih berlanjut, beberapa negara Arab masih mendesak Qatar mengakhiri dukungan terhadap kelompok Hamas Palestina dan kelompok Ikhwanul Muslimun Mesir.

Namun desakan ini tidak membuat Qatar menyerah dan tunduk begitu saja. Seperti yang dilansir Reuters, Selasa (13/6/2017), Menteri Luar Negeri Qatar Syeikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani menegaskan negaranya tidak akan tunduk terhadap persyaratan yang diajukan Arab Saudi, agar pengucilan terhadap Qatar berakhir.

“Kami tak siap menyerah dan tidak akan pernah menyerah untuk mempertahankan kemerdekaan dari kebijakan luar negeri kami,” kata Menlu Qatar.

Syeikh Mohammed mengaku Qatar baru kali ini mengalami permusuhan luar biasa. Menlu Qatar itu menegaskan, perselisihan sejumlah negara Arab dengan Qatar akan mengancam stabilitas keseluruhan kawasan. 

Baca: Bunga Mawar yang Harga Per Tangkainya Bikin Nangis

Syeikh Mohammed berbicara setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain dan beberapa negara lainnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha, dan menutup hubungan transportasi. Qatar menyatakan tuduhan-tuduhan tersebut tak berdasar. Syek Mohammed menambahkan, pihaknya masih mengupayakan diplomasi dan menolak solusi militer untuk mengatasi masalah tersebut. (bpc9)