Pemkab Inhil Serahkan 20 Unit Alsintan

Kamis, 21 Agustus 2014 14:59
BERTUAHPOS.COM, TEMBILAHAN – Kelompok tani dari Kelurahan Pekan Arba, Kecamatan Tembilahan mendapatkan bantuan sebanyak 25 peralatan mesin pertanian (Alsintan)dari Pemkab Indragiri Hilir (Inhil), Rabu (20/8/2014) sore kemarin.
 
Bantuan berupa 20 unit Hand Traktor Roda 2 Singkal, 3 unit Cultivator (Pengolah Lahan Kering) dan 2 unit Chover (Pencacah Sampah) tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Inhil, HM Wardan kepada perwakilan kelompok tani. Bertepatan dengan panen raya tanaman benih padi, di Balai Benih Utama, 

Turut hadir saat itu, Wakil Bupati, H Rosman Malomo, Unsur Muspida, Sekretaris DTPH Provinsi Riau, Pimpinan BI Perwakilan Riau, sejumlah pejabat eselon, serta Kepala dan jajaran di lingkungan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Inhil.

Bupati Wardan dalam sambutannya berharap, agar alat dan mesin bantuan tersebut dapat dimaksimalkan pemanfaatannya oleh petani, dalam rangka meningkatkan hasil produksi tanan.

“Jangan sampai ini menjadi besi tua yang hanya disimpan di gudang kita. Jadi, harus ada pemantauan oleh dinas terkait terhadap bantuan-bantuan alat yang diberikan kepada kelompok tani dan petani ini,” ujar Bupati.

Baca: Pasar Higienis Sepi, Pedagang: Kami Mati Perlahan!

Ke depan, lanjut orang nomor satu di Bumi Sri Gemilang ini, Kabupaten Inhil harus tetap dan mampu mempertahankan potensi yang dimilikinya, yakni sebagai daerah penyumbang padi terbesar di Bumi Lancang Kuning.

“Gunakan peralatan ini dengan maksimal, serta tanaman dengan menggunakan benih yang bagus dan pelihara sebaik mungkin, sehingga hasilnya memuaskan,” tegasnya. (cr1)