Pemerintah lalai masalah cik puan, pedagang terabaikan

Senin, 19 Agustus 2013 11:17

BERTUAHPOS (PEKANBARU) – Belum jelasnya kelanjutan pengerjaan pembangunan pasar Cik Puan, membuat para pedagang masih berjualan di tempat sementara yang penuh dengan ancaman. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dinilai lalai dalam hal ini, hingga pengerjaan pasar jadi terbengkalai dalam waktu yang lama.

“Saya amat menyesalkan sekali, hingga saat ini pembangunan Pasar Cik Puan belum dilanjutkan hingga berdampak nasib pedagang yang terabaikan. Seharusnya Pemko tidak boleh lalai dan lepas tangan tentang kelanjutan pasar ini,” kata Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Zaidir Albaiza SH, senin (19/8/2013).

Advertisement

Menurut Zaidir, dampak dari tidak dilanjutkannya pembangunan Pasar Cik Puan, yakni terkatung-katungnya pedagang yang berjualan di tempat penampungan sementara (TPS) yang kondisinya memprihatinkan, rawan terbakar, banjir, dan aksi kejahatan.

“TPS itu betul-betul tidak representatif. Pedagang tidak mau tau apa permaslahan yang dialami Pemko dan Pemprov apakah atau lainnya. Padagang hanya tahu soal komitmen awal pedagang dengan Pemko, bahwa ditempatkannya pedagang di TPS dijanjikan tidak berapa lama. Kerena awal 2013 Pemko sudah janji akan dipindahkan pedagang jualan ke gedung baru,” sebut Zaidir mengulang janji pemerintah kepada pedagang beberapa tahun silam.

Baca: Disperindag Pekanbaru Cek Ketersediaan Sembako

Zaidir tidak menampik, bahwa kenyataanya janji Pemko sampai saat ini tidak tepat waktu, yang jadi korban adalah pedagang. “Ini yang tidak bisa kita pahami kok bisa jadi begini terhadap persoalan Pasar Cik Puan. Ini bukti dari kelalaian Pemko yang tidak memikirkan keluhan pedagang selama ini hingga terjadi kelalaian dari pembangunan pasar itu,” sebut Zaidir.

Zaidir juga mengharapkan Pemko tidak lalai menuntaskan permasalahan kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan. Karena, yang menggantungkan kehidupannya di pasar tersebut merupakan masyarakat Kota Pekanbaru, yang butuh biaya sekolah anak-anaknya, dan keperluangan pangan setiap hari.

“Saya minta Pemko bisa segera mencarikan solusi agar pembangunn Cik Puan bisa dilanjutkan. Karena dengan kondisi terbengkalainya pasar ini, berapa banyak kepentingan masyarakat yang diabaikan Pemko Pekanbaru,” tutur Zaidir.(wan)

Berita Terkini

Selasa, 27 Oktober 2020 10:32

Kemenag Riau Serukan Masjid Kembali Terapkan Protokol Kesehatan

#protokolkesehatan

Selasa, 27 Oktober 2020 08:10

Jangan Sepelekan Percikan Kencing

#ISLAMPEDIA

Selasa, 27 Oktober 2020 06:32

Saat Cuti Bersama, Riau Perketat Izin Pegawai Keluar Daerah

#cutibersama #liburpanjang #asnriau

Selasa, 27 Oktober 2020 05:32

Tugas Tim Kesehatan di Posko Cek Poin, Faskes Terdekat Tetap Dikoordinasikan

posko cek poin, kesehatan, libur panjang, cuti bersama

Selasa, 27 Oktober 2020 04:31

Tumpang Tindih Kewenangan Pusat dan Daerah, UU Cipta Kerja Perlu Segera Disingkronisasi

#uuciptaker, #kewenangan #pusatdan daerah