Pemerintah Kucurkan Dana 1,8 Miliar untuk Pembersihan Cagar Biosfer

Jumat, 04 Maret 2016 13:03
Pemerintah Kucurkan Dana 1,8 Miliar untuk Pembersihan Cagar Biosfer

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Menindaklanjuti kawasan yang telah ditetapkan UNESCO sebagai  cagar biosfer yang terambah, Kamis (3/3/2016) kemarin berlangsung Rapat Forum Sinkronisasi Penyelenggaraan Pemda Kabupaten Siak yang membahas tentang Persiapan Operasi Terpadu di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil.

Dalam hal perambahan kawasan konversi secara besar-besaran,pemkab siak dalam waktu dekat akan melakukan  pembersihan cagar biosfer yang ada diwilayah Siak Kecil. Pelaksanaan pemusnahan diareal Cagar Biosfer direncanakan selama 7 hari mulai tgl 22 s/d 29 Maret 2016.

Adapun langkah yang akan diambil dalam kawasan hutan lindung, nantinya akan dibuat Penutupan kanal pada setiap jarak 400-500 M. Dan rencana dalam pengerahan pasukan operasi diareal Cagar Biosfer sebanyak 650 orang dengan anggaran dana sebesar 1,8 M bersumber dari APBN Kementerian Kehutanan dan lingkungan Hidup.

( Baca : Bupati Siak : Penghuni Cagar Biosfer Sudah Ada yang Dikembalikan)

Baca: Sakit… Annas Maamun Tidak Hadiri Sidang

Rapat yang dibuka langsung oleh Asisten 1 Fauzi Asni, dihadiri oleh Dandim 0303/Bengkalis diwakili Pabung wil Siak Kapten Inf Sumarno, Kapolres Siak diwakili Kabag Ops Kompol Yudhi, Kepala dinas Kehutanan Teten Masduki, Kepala dinas perhubungan  Kaharuddin, Kabag Tapem Budi Yuwono, Kadis Pertanian Hj. Robiati, Ka UPTD Kementerian Kehutanan bpk. Supartono,  Camat Siak, Bungaraya dan SungaiMandau, Pimpinan Perusahan Wil Kab. Siak di Ruang Pucuk Rebung kantor Bupati Siak.

Dalam Rapat yang berlangsung hingga sore, ditentukan mengenai penempatan personel, perlengkapan, langkah-langkah yang akan diambil dan penempatan waktu.

” Kita akan membuat dan menentukan personel dari pintu masuk sampai dilokasi, dan rencananya pada 10 maret kita adakan sosialisasi ke media, LSM, masyarakat, mahasiswa, aparat kampung, dan lainnya,”ujar Fauzi.

(Baca: Cagar Biosfer Siak Jadi Pemukiman Warga)

Adapun langkah-langkahnya yakni Melaksanakan gelar pasukan, alat dan perlengkapan lainnya dengan tujuan mengetahui kekuatan, memberikan informasi operasi pemusnahan tanaman non hutan. Hal ini pun nantinya akan dibuat surat pemberitahuan untuk mengosongkan lahan tersebut.

 “Tanggal 11 Maret 2016 kita layangkan surat pemberitahuan ke 3 kepada warga dia real Cagar Biosfer agar mengosongkan lahan paling lama tanggal 18 Maret 2016,”sebutnya.

Selanjutnya Pabung Dim akan menyiapkan personel Kodim 0303/Bengkalis yang direncanakan  sebanyak 104 orang.

“kita rencananya akan menyiapkan personel kodim berjumlah 104 orang dengan keterlibatan semua unsur baik kesehatan dan damkar, guna penanganan masyarakat yang berada di areal Cagar Biosfer,”ungkap Sumarno.

(Baca : Hingga Lebaran, Pemkab Siak Beri Waktu Warga Kampung Penghuni Cagar Biosfer Angkat Kaki)

Untuk data terakhir bangunan yang terdapat di Cagar Biosfer antara lain  rumah 127 KK, Mushola 2 unit, Gereja 1 unit dan sekolah kelas jauh 1 unit.

“Catatan terakhir yang kita dapatkan sebanyak 127 KK, 2 Musolah, 1 Gereja dan 1 sekolah, sehingga operasi ini bersifat terbuka dan penuh kehati-hatian, rumah ibadah tidak kita bongkar,”ungkap Kabag Ops Kompol Yudhi.

Penulis : Ely