Pekanbaru Butuh Lebih Banyak Paru-paru Kota

Kamis, 24 April 2014 09:23

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ibukota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru memang mengalami pertumbuhan gedung-gedung yang mencegangkan. Namun
hal tersebut tidak disertai dengan pembangunan Ruang Terbuka hijau (RTH).


Seperti yang disampaikan Ketua Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Suska, Yuli Istiqamah kepada bertuahpos.com. “Perkembangannya laju sekali, pembangunannya cepat tapi tidak dengan lingkungannya. Banyak gedung yang berdiri, tapi tidak banyak ruang hijau yang bisa dinikmati,” ujarnya Kamis (24/04/2014).


Bagi Yuli seharusnya pemerintah menyeimbangkan pembangunan gedung dengan ruang terbuka hijau. “Kalau ruang hijau banyak bisa jadi paru-paru kota. Agar Kota Bertuah tidak terasa begitu panas. Kalo pun panas tersedia banyak tempat berteduh,” harapnya.


Seiring peringatan Hari Bumi pemerintah mesti menambah hutan kota. Sebab berfungsi sebagai pengendalian air tanah dan erosi, sebagai paru-paru kota penghasil oksigen bagi makhluk hidup. “Kembalikan fungsi pohon sebagai mestinya, bukan sebagai sarana iklan semata. Sehingga menciptakan lingkungan yang sejuk dan nyaman, dan bisa menjadi sarana rekreasi dan pendidikan bagi masyarakat,” sebutnya. (riki)

Baca: Riau Butuh 170 Ribu Dosis Vaksin Jembrana