Pekanbaru Belum Siap Hadapi MEA

Senin, 21 April 2014 10:57

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tahun 2015 akan menjadi sejarah baru karena Indonesia memasuki masa pasar bebas ASEAN atau masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015. Namun sepertinya pemerintah, termasuk Pekanbaru  masih gamang dan tak percaya diri bisa menghadapinya.


Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi usai menghadiri acara seminar 1001 Kisah Asap di UIN Suska. “Ini (Pasar Bebas) memang sebetulnya sudah terjadi. Bisa dilihat di toko-toko Serba Enam ribu banyak barang dari luar. Jadi sudah kita rasakan, tidak terbendung,” ujarnya Minggu (20/04/2014).


Namun saat ditanya soal kesiapan pemerintah daerah menghadapi MEA, Wawako lantas melemparkan persoalan itu ke pemerintah pusat. “Kita berharap dari kementerian cepat melakukan sosialisasi kepada pengusaha-pengusaha. Supaya pengusaha daerah tidak menjadi penonton di rumah sendiri,” sebutnya.


Selain itu Ayat Cahyadi berharap kepada pelaku usaha, baik yang mikro, kecil, maupun menengah untuk lebih kreatif dan inovatif. “Sehingga bisa menguntungkan buat Pekanbaru. Supaya tidak menjadi penonton di rumah sendiri,” katanya. (riki)

Baca: 118 Calon Polri Inhil Tanda Tangan Pakta Integritas