MPI Riau Hadiri Pengukuhan Bathin Beringin Sakai

Jumat, 13 Juni 2014 15:21

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) Riau turut hadir dalam acara pengukuhan Bathin Beringin Sakai yang dilaksanakan Rabu (11/6/2014) lalu di desa Koto Pait, Dusun Suluk Bongkal Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.


Prosesi pengukuhan dilakukan dengan acara tepung tawar dan upah-upah yang dilakukan oleh kepala Bathin Suku Sakai dan Bathin Sakai lainnya, kepala kepala desa dan ketua DPP Riau.


Tujuan dilaksanakan acara pengukuhan ini adalah untuk menunjuk ketua/kepala suku Sakai di Desa Koto Pait. Dalam pengukuhan ini, Ridwan bin Penggek terpilih sebagai Bathin Beringin Sakai.


Sementara itu Ketua DPP MPI Riau, MC Kendro dalam rilis yang dikirim Jumat (13/6/2014) mengucapkan terima kasih atas kepada kepala suku Sakai Bathin 5 dan 8 yang telah mengundang mereka.

Baca: UMKM Keluhkan Pungutan Biaya Riau Expo 2017


MC Kendro juga memberikan apresiasi terhadap acara pengukuhan ini dan berharap agar tradisi adat istiadat seperti ini dapat terus dipertahankan. Meskipun tak dihadiri bupati atau gubernur.


Sementara itu, camat Pinggir Kasmarni SSos dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada DPP MPI Riau atas kehadirannya dalam pengukuhan bathin beringin sakai. Ia juga berjanji akan menyampaikan keluh kesah yang di hadapi suku sakai kepada pemerintah kabupaten Bengkalis terutama tentang kondisi daerah hutan adat yang saat ini di kuasai oleh perusahaan besar bidang perkebunan. (rls/syawal)