Mobil Pentas Siak Hadir Untuk Para Siswa

Rabu, 10 Februari 2016 08:46

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Menunjang dan menambah pengetahuan generasi muda untuk giat membaca, adalah salah satu langkah yang harus dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk mencerdaskan bangsa.

Hal inilah yang dilakukan Polres Siak baru-baru ini. Salah satu langkah untuk meningkatkan minat baca masyarakat, pihaknya mengadakan Mobil Pentas, atau Pendukung Keselamatan Berlalu Lintas. Dimana satuan Lalulintas Polres Siak memasuki bulan ketiga menjalankan mobil pentas. Dengan segmentasi yaitu Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) Polres Siak membuka pustaka keliling.

Pustaka itu dibuka dengan membawa koleksi buku bacaan dongeng serta pembelajaran sejarah. SDN 003 Kampung Rempak juga ikut serta memberikan pemahaman kepada murid-murid, soal betapa pentingnya membaca. Jajaran satuan lalulintas Polres Siak terlihat gembira membawa buku bacaan untuk anak-anak.

Personil Dikmas Lantas Bipda Lusy Fadilah bersama Rekannya Bripda Mutiara dan para Polwan cantik ini melakukan Dikmas atau Pendidikan kepada masyarakat ke Sekolah Dasar Negeri 03 Kampung Rempak kecamatan Siak.

Baca: Dua Orang Damkar Jadi Korban Kebakaran Ramayana

“Agenda ini seminggu 2 kali kita lakukan, bertujuan untuk mengajak anak-anak pada usia dini untuk gemar membaca, sasarannya sekolah SD dan TK, sebab belajar dari usia dini dapat menjadikan anak anak untuk gemar membaca, ” ujar Bripda Lusy saat Bertuahpos.

Pantauan bertuahpos antusias para murid di sekolah tersebut cukup tinggi, dengan beramai-ramai para murid mendatangi mobil pentas dan memilih buku-buku serta mengambilnya untuk di baca.

Tingginya minat baca para murid menjadikan inovasi bagi Polres Siak untuk melakukan kegiatan ini. Mobil Pentas juga nantinya akan kedaerah-daerah lainnya, dengan sudah berjalannya selama 3 bulan ini, mobil pentas hanya baru menelusuri di wilayah Siak-Dayun.

“Mobil pentas untuk saat ini baru di arahkan ketiap sekolah-sekolah disiak-Dayun, dengan melakukan komunikasi awal kesekolah yang kita datangi, dijam-jam Istirahat sehinggakedatangan kami tidak menganggu kegiatan belajar menggajar siswa lainnya, “kata Lusy.

Ia juga menambahkan, membaca di luar kelas juga menandakan bahwa proses belajar mengajar tidak hanya terfokuskan di dalam ruangan, melainkan dapat dilakukan juga diluar ruangan kelas. Hal ini dapat membantu perkembangan meningkatkan pengetahuan murid.

Selain melakukan pustaka keliling, Mobil Pentas juga telah melakukan Kegiatan mama minta helm kepadapara murid,” Beberapa waktu lalu kita juga ada mengadakan simulasi ke sekolah SD dengan kegiatan namanya mama minta helm,”kata Mutiara.

Melihat kebanyakan orang tua yang mengantar anaknya tidak memakaikan helm, hal ini juga membuat satlantas Polres Siak membuat kegiatan dikmas dengan mengadakan simulasi ke sekolah-sekolah, dengan program “mama minta helm”.

Selain melakukan simulasi kegiatan mama minta helm, polres Siak mempunyai keyakinan bahwa dengan kegiatan ini akan menjadi sahabat dan penolong bagi masyarakat serta meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan minat baca untuk mencerdaskan anak bangsa.(Ely)