Minat Masyarakat Bertani Harus Ditingkatkan

Rabu, 05 Februari 2014 09:35
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Untuk stok pangan, Riau masih bergantung dari pasokan provinsi tetangga seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Namun belakangan beberapa daerah 
seperti Kampar dan Pekanbaru sudah menargetkan sebagai pusat sayur mayur serta bawang merah.
Edyanus Herman Halim, pengamat Ekonomi mengatakan itu merupakan tren yang positif. “Seharusnya dari dulu itu dilakukan. Seperti nanti Siak menjadi sentra jagung. Pelalawan sentra cabai, dan sebagainya.,” ujarnya Rabu (05/02/2014).
Gagasan ini harus diikuti oleh kabupaten lain. Dengan begitu Riau nanti tidak begitu bergantung pasokan daerah lain. Dan untuk mendukung gagasan ini diperlukan perbaikan infrastruktur. 
Akan tetapi ada hal lain yang lebih penting, yakni pemerintah terlebih dulu menumbuhkan minat masyarakat untuk bertani. Menurut Wakil Dekan IV Fakultas Ekonomi Universitas Riau (UR) ini potensi lahan tidur di Riau tergolong besar. Sehingga sangat potensial untuk dikembangkan di bidang pertanian. 
Untuk menumbuhkan minat bertani, bisa diberikan kemudahan dan keringanan pada masyarakat. 

“Misalnya memberikan subsidi hasil produksi kepada para petani. Supaya masyarakat bersemangat untuk bercocok tanam. Bila hal itu dilakukan, bukan tidak mungkin Riau sebagai sentra pertanian akan terwujud,” ujarnya. (Riki)