Meski Erupsi, Edelweis Jadi Alasan Pendaki Gunung Jejali Marapi

Selasa, 06 Juni 2017 20:54

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Salah satu alasan orang mau mendaki gunung tentunya yang pertama ingin menikmati keindahan alam, maupun itu ketika dalam pendakian, ataupun itu ketika sampai ke atas puncak gunung.

Salah satu gunung yang menjadi primadona ialah Gunung Marapi, Sumatera Barat. Gunung ini menurut beberapa pendaki, mengalahkan keindahan Gunung Singgalang yang tentunya tidak kalah indah.

Gunung yang berada dalam kawasan Kabupaten Agam memiliki keunikan tersendiri dibandingkan Gunung Singgalang. Di gunung yang memiliki ketinggian 2891,3 meter dari permukaan air laut, tumbuh bunga edelweis yang dianggap bunga abadi oleh beberapa orang.

Wahyu Tri Ramadhan, salah seorang mahasiswa biologi UIR yang pernah mendaki Gunung Marapi, menjelaskan memiliki track yang mudah dilalui oleh orang-orang, khususnya bagi pendaki pemula.

Baca: Sore Ini Penutupan Piala Gubri 2017, Dihadiri Ketua PSSI

“Tracknya tidak terlalu curam, bahkan kalau hari liburpun ada yang pergi bersama keluarganya kesana, dan mereka mebawa anaknya yang kira-kira seumur SMP bahkan seumuran SD pun ada,” terang Wahyu.

Wahyu turut menjelaskan, normalnya untuk sampai puncak Marapi, membutuhkan waktu 6 hingga 7 jam dalam cuaca normal, dan bisa 8 jaman jika cuaca hujan.

“Kita juga dapat melihat keindahan Danau Singkarak dari atas Puncak Marapi. Selain itu, banyak lagi yang bisa kita nikmati keindahan alam yang tak terhitung ini dengan kata kata,” tutup Wahyu. (bpc9)