Lufti Itu Mirip dengan Gita

Kamis, 13 Februari 2014 15:57
BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Jumat, 14 Februari 2014 nanti akan menjadi hari bersejarah bagi Muhammad Luthfi. Pria 44 tahun yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan yang telah mengundurkan diri pada akhir Januari lalu.
 
Jika dunia akan merayakan hari Valentine pada tanggal itu, berbeda dengan Luthfi, ia akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan di kantor Presiden. Presiden telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada Lutfi, yang bukan orang baru dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Saat SBY baru pertama kali menjabat sebagai Presiden, Luthfi ditunjuk sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
 
Dikutip dari Wikipedia, Lutfi lahir di Jakarta, 16 Agustus 1969. Ia seorang pengusaha dan pernah menjabat sebagai Kepala BKPM, sebelum ditugaskan menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang.
Pada 2008, Lutfi diakui sebagai seorang pemimpin muda yang berpengaruh oleh The World Economic Forum’s Young Global Leaders. Ia juga merupakan salah seorang pendiri Masyarakat Ekonomi Syariah.
 
Muhammad Lutfi lahir dari pasangan Firdaus Wadjdi dan Suhartini yang berasal dari Minangkabau. Selesai mengenyam pendidikan di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat, Lutfi mengembangkan usaha bersama Erick Thohir, Wishnu Wardhana, dan Harry Zulnardy.
 
Mereka mendirikan Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media. Di perusahaan tersebut, Lutfi menjabat sebagai presiden direktur dan chief executive officer (CEO).
 
Pada usia 29 tahun, dia menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta Yang Lebih Baik (Hipmi Jaya) periode 1998-2001, dan kemudian menjadi ketua nasional Hipmi pada periode 2001-2004.
 
Pada 2005, ia diangkat SBY untuk menduduki posisi pejabat setingkat menteri, yakni kepala BKPM, dan dia menjadi orang termuda yang pernah menjabat posisi tersebut.
Pada Agustus 2010, Muhammad Lutfi ditunjuk oleh Presiden sebagai Duta Besar untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Ia merupakan orang termuda yang pernah bertugas di kedutaan terbesar Indonesia, dan juga sebagai salah satu duta termuda yang mewakili Indonesia secara internasional.
 
Yang menarik, sosok Luthfi hampir mirip dengan Gita yang saat ini memilih fokus mengikuti serangkaian kegiatan konvensi calon presiden Partai Demokrat.
Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, melihat mereka berdua berjodoh. “Saya melihat mereka ‘jodoh’ dan mirip. Kira-kira simbolnya seperti itu. Muda, pintar, berwawasan internasional, dan sama-sama mantan (kepala) BKPM,” kata dia. (viva/smr)