Mendag Baru Harus Bisa Tingkatkan Ekspor

Kamis, 13 Februari 2014 16:02
BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, menilai mantan kepala BKPM itu layak dan mumpuni untuk mengemban tugas perdagangan.
Â
“Pak Lutfi mempunyai latar belakang sebagai pengusaha, juga mantan kepala BKPM, dan mantan Dubes Indonesia untuk Jepang. Jadi, saya kira cukup mumpuni dalam tugasnya nanti sebagai mendag yang baru,” ujar Suryo.
Â
Dia menjelaskan tantangan yang harus dihadapi Lutfi adalah meningkatkan ekspor dan mengendalikan impor demi menjaga neraca perdagangan agar tetap positif. “Selain itu, menjaga agar tidak ada lagi gejolak-gejolak harga bahan pokok, ini dapat dihindari dengan perencanaan yang matang dan tepat waktu,” kata Suryo.
Â
Menurut Suryo, Lutfi harus berkonsentrasi untuk mendorong adanya substitusi impor. “Artinya, mendorong produksi dalam negeri untuk menggantikan impor,” kata Suryo.
Â
Peningkatan ekspor produk atau hasil industri dalam negeri, ia melanjutkan, sangat penting. “Kurangi ketergantungan pendapatan devisa kita hanya dari ekspor produk komoditas mineral dan perkebunan,” imbuh Suryo.(viv/smr)
Â