Long Weekend, Warga Riau Ramai-Ramai ke Gunung Marapi

Jumat, 05 Februari 2016 20:05

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Momen imlek yang jatuh pada 8 Februari nanti, tidak hanya dinikmati masyarakat keturunan Tionghoa semata. Perayaan imlek yang bertepatan dengan hari Senin, membuat banyak masyarakat Riau merencanakan perjalanan liburan.

Tidak hanya ke lokasi piknik seperti pantai, danau, atau wisata Alam Air terjun. Melainkan juga wisata yang menantang seperti mendaki gunung juga bakalan ramai. Kebanyakan warga Pekanbaru, Provinsi Riau memilih Gunung Marapi sebagai destinasi menghabiskan waktu liburan.

Seperti yang dituturkan Nella, anggota dari salah satu Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) di Pekanbaru kepada kru bertuahpos.com. “Sekarang lagi packing persiapan untuk mendaki, bersama kawan-kawan ke Gunung Marapi Sumbar (Sumatera Barat),” katanya, Jumat (05/02/2016).

Nella menyebutkan dirinya memilih mendaki selain karena hobi juga disebabkan adanya hari libur pada hari Senin yang bertepatan momen imlek. “Jadi waktunya pas untuk mendaki. Waktu untuk menikmati panorama bisa lebih banyak, dan Senin bisa dijadikan waktu istirahat baru besoknya aktifitas seperti biasa lagi,” tuturnya.

Baca: Melemahnya Rupiah Berdampak Pada Utang Pemerintah

Hal yang sama juga dituturkan Syafrizal Hasbi, leader tim pendakian Rumah Jelajah Kita (Rujak) Rokan Hulu (Rohul). Kepada bertuahpos.com, Hasbi menyebutkan planning untuk mendaki ke   Marapi sudah sejak lama. “Ada 14 orang dalam rombongan kali ini,” katanya.

Hasbi menyebutkan pilihan mendaki gunung Marapi memang jadi alternative destinasi lokasi liburan di Sumbar. Dirinya mengatakan memang warga Riau banyak memanfaatkan liburan dengan mendaki Gunung Marapi.  “Biasanya long weekend seperti ini bisa raturan orang di atas sana (puncak Marapi). Banyak juga dari Riau,” sebutnya.

Sebagai informasi Gunung Marapi merupakan gunung berapi yang terletak di Sumatera Barat, Indonesia. Gunung ini tergolong gunung yang paling aktif di Sumatera. Terletak dalam kawasan administrasi Kabupaten Agam. Gunung ini dapat juga dilihat dari kota Bukittinggi, kota Padangpanjang dan kabupaten Tanah Datar dan memiliki ketinggian 2.891 m.

Gunung ini sering dijadikan lokasi pendakian dikarenakan rute yang ditempuh tidak terlalu terjal. Selain itu para pendaki bisa menikmati panorama alam serta taman bunga Edelweis yang memanjakan mata. (Riki)