Lakukan 9 Sesi Acara Pelepasan Jenazah, Hingga Kini Ayah Momo ‘Geisha’ Belum Dikebumikan

Jumat, 22 September 2017 16:48
Lakukan 9 Sesi Acara Pelepasan Jenazah, Hingga Kini Ayah Momo ‘Geisha’  Belum  Dikebumikan

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Hingga pukul 15.30 ayahanda Momo (Geisha) belum juga dikebumikan. Momo, yang merupakan vocalis grup band ternama Indonesia itu, terlihat lelah dan duduk di kursi samping suaminya Nicola. Menurut keterangan dari kerabat Momo, masih banyak adat batak yang belum selesai untuk melepaskan jenazah.

“Adat Batak ini diperkirakan akan dilakukan sembilan sesi acara. Acara bernama Mate saur matua bulung (mati ketika semua anak-anaknya telah berumah tangga) dilakukan dengan memotong satu ekor kerbau serta membayar semua hutang piutang si jenazah, bertujuan untuk pelepasannya, karena masih ada lagi kehidupan setelah di dunia ini yaitu di akhirat” tutur Opolan, tante Momo saat ditemui disela acara pelepasan itu, Jumat (22/9/2017).

Dalam upacara Mate saur matua bulung ini juga dilakukan ritual membawa kantong yang berisikan beras yang dijunjung dan dibawa dengan mengelilingi jenazah.

“Adat ini merupakan adat Batak yang sudah turun temurun” sambungnya.

Baca: Berikut Catatan Titik Hotspot di Areal Korporasi HTI di Riau 2015 VS 2016

Hingga saat ini, baru enam sesi acara yang dilakukan. Dengan setiap marga Batak yang ada, diperkirakan almarhum ayahanda Momo akan dimakamkan sebelum atau setelah magrib.(MG2)