Lagi Gajah di Riau Ditemukan Mati, Hanya Tersisa Tulang Belulang

Selasa, 10 September 2013 17:23
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Lagi, gajah liar di Riau ditemukan dalam keadaan mati tak wajar. Kali ini, hewan berbelalai itu hanya tersisa tulang belulang.
 
“Kalau melihat kondisinya yang hanya tersisa tulang belulang, gajah ini sudah lebih sebulan mati. Kita sangat menyayangkan peristiwa ini,” kata juru bicara WWF di Riau, Syamsidar, kepada detikcom, Selasa (10/9/2013).
 
Syamsidar menjelaskan bangkai gajah tersebut ditemukan di kawasan Basrah, Kabupaten Pelalawan. Gajah ini diperkirakan gajah liat yang berada di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo.
 
“Gajah liar itu kan tidak hanya berada di dalam kawasan taman. Namun gajah itu berkeliaran sampai ke kawasan hutan di sekitar taman,” kata Syamsidar.
 
Dalam tahun 2013 ini, lanjutnya, maka jumlah gajah liar yang mati tak wajar sudah lima ekor.
 
“Gajah liar yang mati ini kita perkirakan berjenis kelamin betina. Ini karena tidak ditemukan lubang yang biasanya tertanam gading,” kata Syamsidar.
 
Pihak WWF belum bisa memastikan penyebab kematian gajah tersebut. “Untuk mengetahui hal itu harus ada tim autopsi,” kata Syamsidar.
 
Pada awal Juni 2013 lalu, 2 gajah mati tak wajar di Riau. Dari hasil autopsi, gajah itu makan racun tikus. Di dalam lambung binatang berbelalai ini ditemukan zat berbahaya tersebut.
 
“Ini membuktikan gajah ini memang sengaja dibunuh oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” tegas Kepala Balai TNTN Kupin Simbolon kepada detikcom, Selasa (4/6/2013).
 
 
(detik.com)