Kreasi Bahan Dasar Sampah di Pamerkan pada Masyarakat Pekanbaru

Senin, 07 Maret 2016 16:55

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Jika biasanya sampah hanya menjadi persoalan tiada habisnya, saat ini Galery daur ulang SMKN 3 memperkenalkan beragam karya mereka yang sebagian besar berasal dari sampah.

Tepat di Pameran dan Bazar SMKN 3 Pekanbaru pada Senin (7/3/2016). Berbagai karya daur ulang, mulai dari dompet, tas, lampu hias, kotak tisue, gaun hingga pupuk cair dan pupuk kompos yang semuanya berbahan dasar sampah kini bernilai jual.

Siswa kelas 11 tata boga 2, Silvis,  saat itu bertugas menjaga stand Galeri Daur Ulang SMKN 3 Pekanbaru mengatakan, Galeri daur ulang merupakan salah satu ekstra kulikuler di SMKN 3 Pekanbaru yang cukup di gemari para siswa. Terbukti ada sekitar 15 anggota  yang tergabung dalam ekstra kulikuler tersebut.

( Baca: SMK 3 Pekanbaru Taja Pameran dan Bazar)

Baca: Kritik dan Saran Seminar Nasional BertuahPos.com, Mulai Dari Sosialisasi Hingga Minta Uang Transport

“Sejauh ini semua karya yang kami buat sudah tidak terhitung jumlahnya, dan kebanyakan dari karya di buat berasal dari sampah kering yang kami kumpulkan dari rumah dan lingkungan sekolah juga,” jelas Silvi.

Pada kesempatan pameran dan bazar ini, Galeri Daur Ulang tidak hanya memperkenalkan karya karya daur ulang begitu saja kepada masyarakat. Karya anti mainstream ini juga di jual dengan harga yang cukup terjangkau dan beragam. Mulai dari harga Rp 10 ribuan hingga Rp 70 ribuan.

Tidak hanya itu saja, pergelaran musik dan peragaan busana daur ulang juga turut di peragakan dalam pameran dan bazar yang kan berlangsung hingga Selasa (8/3/2016) mendatang.

Pameran dan bazar SMKN3 Pekanbaru, merupakan acara tahunan yang rutin diselenggaran bagi para siswa mulai dari kelas 10 hingga kelas 12. Menampilkan beragam karya dan kreativitas siswa di semua jurusan, mulai dari akomodasi perhotelan, tata busana, tata kecantikan dan masih banyak lagi jurusan lainnya.

( Baca: M Noer: Lulusan SMK Harus Memiliki Daya Saing)

Sekolah pariwisata berstandar Internasional ini juga turut memajang hasil karya yang berasal dari unit produksi. Unit produksi adalah tempat usaha yang menampung seluruh hasil karya alumni untuk dijual ke masyarakat.

“Sekolah ini tidak hanya mengajarkan para siswa untuk berwirausaha, tetapi tersedia wadah bagi para alumni untuk menjual produk yang telah mereka pelajari sebelumnya di SMKN 3 Pekanbaru,” kata Bagian Kesiswaan SMKN 3 Pekanbaru Lina Minarni.

Penulis: Nova