KPK Sita 3 Mobil dan Apartemen Gubernur Riau Rusli Zainal

Jumat, 28 Juni 2013 11:27
BERTUAHPOS, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah harta milik Gubernur Riau, Rusli Zainal. Penyitaan dilakukan dalam rangka pengembangan penyidikan kasus dugaan suap PON Riau.
Â
“Benar kami menyita tiga buah mobil, satu apartemen Beleza No 8 di Permata Hijau dan dokumen-dokumen lain, di antaranya dokumen tersebut ada penerimaan gratifikasi terkait PON Riau,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP, di kantornya, Jakarta, Kamis (27/6/2013).
Â
Ketiga mobil tersebut diketahui telah berada di pelataran parkir gedung KPK. Ketiga mobil tersebut yakni, Honda Freed warna hitam bernopol B 130 LAK, Honda Accord warna Hitam bernopol B 11 SY, dan Honda Jazz warna merah bernopol B 517 TY. Pada mobil honda Jazz terlihat stiker tulisan dan gambar Barbie. Sementara pada Honda Freed terlihat stiker tulisan dan gambar club sepak bola Barcelona dan Qatar Foundation, Unicef.
Â
Johan memastikan jika penyitaan tersebut sampai saat ini belum mengarah pada Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Namun, tak menutup kemungkinan Rusli dijerat TPPU nantinya.
Â
“Itu bagian dari aset tracing. Saat ini belum ada TPPU. Tapi kemungkinan pasti ada, tergantung sejauhmana penyidik menemukan bukti-bukti yang cukup untuk menjeratnya dengan pasal pencucian uang,” kata Johan. (tribunpekanbaru.com)