KPK Memanggil Istri Kedua Rusli Zainal

Sabtu, 21 September 2013 07:40
BERTUAHPOS, JAKARTA – KPK terus melakukan upaya pelengkapan berkas terhadap Rusli Zainal. Penyidik memanggil istri kedua Rusli, Syarifah Darmiati Aida dan juga seorang politikus PKS, Ahmad Zainuddin.
 
“Kasus PON ada panggilan untuk Ahmad Zainuddin, anggota DPR dari fraksi PKS dan juga Syarifah Darmiati Aida, ibu rumah tangga,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha di kantornya, Jl Rasuna Said, Jaksel, Jumat (20/9/2013).
 
Syarifah sebelumnya pernah dipanggil penyidik. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, penyidik hendak mengkonfirmasi mengenai kepemilikan sejumlah aset Rusli, di antaranya rumah di Jakarta Barat.
 
Sedangkan, Ahmad Zainuddin diketahui merupakan anggota Panja PON DPR. Anggota DPR dari Dapil Jakarta I ini mengikuti kunjungan ke proyek PON pada Januari 2012.
 
Di dalam sidang korupsi PON terungkap Komisi X DPR RI menerima uang Rp 9 miliar. Dana itu diberikan Pemprov Riau untuk meloloskan anggaran APBN.
 
Hal itu disampaikan Lukman Abbas sebagai saksi dipersidangan dengan terdakwa Eka Dharma di PN Pekanbaru, Kamis (2/8/2012). Lukman Abbas yang statusnya tersangka menjelaskan, pihaknya memberikan uang ke Komisi X DPR.
 
Uang itu, kata Lukman, diberikan ke Komisi X dari Fraksi Golkar untuk meloloskan mata anggaran APBN untuk PON Riau senilai Rp 250 miliar. Jika anggaran itu lolos, maka Pemprov Riau menyediakan uang sebanyak Rp 9 miliar. Lukman Abbas menjelaskan, uang itu diberikan langsung ke Jakarta.
 
“Uang itu diantara sopir saya ke DPR dan diterima oleh Kahya Muhzakir,” kata Lukman Abbas, kemarin.
 
Masih menurut Lukman Abbas, dana Rp 9 miliar untuk DPR RI itu, dikumpulkan dari 4 BUMN yang menggarap proyek venue dan penunjang PON, yakni Adhi Karya, Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan, dan Waskita Karya.
 
 
(detik.com)