KPE Pegawai Pemko dalam Proses

Senin, 07 April 2014 18:50
KPE Pegawai Pemko dalam Proses

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Kota Pekanbaru akan kembali membuat Kartu Pegawai Elektronik (KPE) atau disebut Karpek. Hal ini guna mempermudah urusan kepegawaian untuk menerima hak dan kewajiannya.
 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Azharizman Rozie, kepada bertuahpos.com dalam waktu dekat Pemerintah kota (Pemko) pPkanbaru akan mengeluarkan Kartu Pegawai Elektronik (KPE).
 
“Ini untuk memudahkan pegawai di lingkungan Pemko dalam pengurusan administrasi maupun gaji,” ujarnya Senin (07/04/2014). Kartu ini juga berfungsi sebagai Anjungan Tunai Mandiri (ATM). “Jadi selain sebagai tanda pengenal, KPE juga bisa digunakan sebagai ATM,” sebut Hariz di ruangannya.
 
Saat ini ada sekitar 8.900-an pegawai di bawah pemerintahan Pemko Pekanbaru. Nantinya secara bertahap KPE diberikan, sehingga terkait pembayaran gaji maupun tunjangan akan lebih mudah dan fleksibel. “Saat ini 7124 pegawai dalam proses pembuatan kartu kepegawaian dan untuk sisanya akan menyusul,” ujarnya.
 
Hariz menargetkan pembuatan kartu tersebut akan selesai dalam dua bulan ke depan. “Paling lambat dua bulan ini seluruh pegawai Pemko Pekanbaru sudah memiliki KPE, karena di Riau ini hanya Pekanbaru yang penggajiannya dibayar tunai selebihnya sudah lewat ATM,” tutupnya.
 
Dengan adanya KPE, gaji PNS tidak diberikan secara manual oleh Pemda setempat, melainkan langsung ke rekening pribadi PNS bersangkutan. Hal ini guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan seperti pungutan, potongan dan penyelewengan. (riki)