Konvensional vs Online, Saiman Pakpahan: Pemerintah Harus Memberikan Ruang

Kamis, 18 Mei 2017 15:23
Konvensional vs Online, Saiman Pakpahan: Pemerintah Harus Memberikan Ruang

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Aksi sweeping yang dilakukan oleh beberapa sopir taksi konvensional terhadap sopir taksi online, menjadi perhatian banyak pihak. Salah satunya Saiman Pakpahan, salah seorang pengamat kebijakan publik yang ada di Pekanbaru kepada kru bertuahpos.com, Rabu (17/5/17).

Menurutnya, pemerintah seharusnya memberikan ruang, agar gesekan yang akan terjadi bisa diminimalisir. “Kota Pekanbaru saat ini menuju kota besar, ini fenomena kota besar, sebenarnya ini wilayah bebas kompetitif,” ujar Saiman Pakpahan.

Pria yang sering disapa Saiman ini turut menjelaskan, kota-kota besar pernah mengalami hal seperti ini, salah satunya ibu kota Jakarta. “Jakarta pernah dihadapkan fenomena yang sama, dimana supir taksi konvensional melakukan perlawanan, tapi mereka bisa mengatasinya,” jelasnya.

Baca: Gojek Tetap Beroperasi Pasca Dicegat Sopir Taksi Pekanbaru

Baca: Riau Masih Dapat Kiriman Asap Sumsel

Saiman menuturkan, pemerintah harus menjalankan fungsinya sebagai regulasi.  “Bagaimana semua kepentingan bisa berkompromi, pemerintah tidak bisa diam saja. Fungsi pemerintah ialah regulasi,” tutur Saiman.

Dalam harapannya, Saiman berharap agar pemerintah harus lebih cerdas membaca fenomena arus bawah. “Jika harus ditambah akibat ada keinginan ya ditambah, jangan karena uber muncul, trus terjadi konflik masyarakat, hal ini yang tidak diinginkan,” harap Saiman. (bpc9)

Berita Terkini

Sabtu, 11 Juli 2020 21:18

Kalimat Inspirasi Para Tokoh yang Mendunia, Yuk Pelajari

#KALIMAT MENDUNIA

Sabtu, 11 Juli 2020 17:33

Fakta Tanah Gambut Riau, Terdalam di Dunia

#TANAHGAMBUT

Sabtu, 11 Juli 2020 17:22

2 BLK di Riau Akan Dikelola Pusat Pada 2021

#REGIONAL

Sabtu, 11 Juli 2020 15:29

Jaga Aset Penelitian dengan Digital

#KOMUNITAS

Sabtu, 11 Juli 2020 14:50

Kenapa UMKM Harus Manfaatkan Digital?

#VIDEO

Sabtu, 11 Juli 2020 12:19

Apa Itu TMC? Bagaimana Fungsinya?

#TEKNOLOGI #INSIGHT