KI Riau Minta Diskes Terbuka Soal Informasi Virus Corona

Selasa, 03 Maret 2020 11:10
KI Riau Minta Diskes Terbuka Soal Informasi Virus Corona

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau meminta Pemprov Riau khususnya Dinas Kesehatan agar terbuka soal virus Corona. KI Riau juga meminta Diskes memberikan informasi soal virus Corona seluas-luasnya kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KI Riau, Zufra Irwan kepada bertuahpos.com, Selasa 3 Maret 2020.

“Kasus virus Corona termasuk kelompok ‘informasi serta merta’ karena menyangkut hajat orang banyak. Maka, Diskes jangan menunggu untuk menjelaskan informasi virus Corona,” tegas Zufra.

Ditambahkan Zufra, Diskes Riau juga harus mampu untuk menangkal munculnya hoaks tentang virus Corona yang dapat menimbulkan kepanikan di tengah-tengah masyarakat.

Baca: 45 Aggota DPRD Ikuti Orientasi Perdana di Labersa Hotel

“Jangan dulu pula hoaks muncul, baru pihak terkait mengumumkan. Ini sangat sensitif. Jadi, perlu ada satgas informasi  yang mampu memberikan informasi yang cepat, valid serta tidak sepotong-potong, terkait virus Corona,” ujarnya.

Sementara itu, di tingkat pusat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta masyarakat tak panik belanja usai adanya kasus virus corona Covid-19 di Indonesia.

Menurut Muhadjir, masyarakat harus tetap tenang karena situasi yang terjadi masih berjalan normal. Muhadjir menilai kepanikan justru akan memperparah situasi yang ada saat ini.

“Situasi ini semuanya berjalan seperti biasa,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin. (bpc2)